Masjid Bantuan Masyarakat Aceh untuk Palu Dibangun

Pembangunan Masjid Jamik Nurul Hasanah Aceh, bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh mulai dikerjakan

Masjid Bantuan Masyarakat Aceh untuk Palu Dibangun
SERAMBI/NASIR NURDIN
PLT Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan cendera mata untuk Pemko Palu yang diterima oleh Asisten I Setda Kota Palu, Muhammad Rifani pada acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Hasanah Aceh di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Rabu (13/2). 

BANDA ACEH - Pembangunan Masjid Jamik Nurul Hasanah Aceh, bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh mulai dikerjakan setelah dilakukan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (13/2). Acara peletakan batu pertama tersebut turut disaksikan oleh pejabat dan masyarakat setempat.

Seperti diketahui, pada 28 September 2018, beberapa kawasan di Sulteng dihantam gempa disusul tsunami dan likuifaksi. Sehari pascabencana tersebut, Plt Gubernur Aceh menyerukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk Sulteng, termasuk Kota Palu.

Dalam sambutannya menjelang peletakan batu pertama, Plt Gubernur Aceh mengatakan, dana yang dihimpun melalui ‘Donasi Aceh untuk Palu’ mencapai lebih kurang Rp 3,3 miliar yang semuanya akan difokuskan untuk pembangunan Masjid Nurul Hasanah Aceh. “Pak Wali Kota tak perlu khawatir, kami tidak mengggunakan sedikit pun uang itu untuk keperluan kami kemari. Kami berharap kita semua dapat saling bahu membahu menyelesaikan pembangunan masjid ini agar selesai tepat waktu. Target kita, dalam enam bulan ke depan proyek ini sudah selesai,” katanya.

Nova juga mengimbau agar masyarakat tidak trauma meski letak geografis Sulawesi Tengah berada di kawasan yang rawan bencana, sama dengan Aceh dan sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat. Sebaliknya, kondisi itu harus disikapi dengan cara bijaksana melalui peningkatan pengetahuan di bidang kebencanaan.

Sementara Ustaz Masrul Aidi dalam tausiah singkatnya mengimbau agar masyarakat Palu dapat memakmurkan Masjid Nurul Hasanah Aceh setelah selesai dibangun nanti. Dia mengatakan, masjid bukan semata tempat transit untuk shalat, tapi juga menjadi pusat kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan.

Berkonsep Aceh-Sulteng
Di sisi lain, Plt Gubernur, Nova Iriansyah menjelaskan, bahwa Masjid Nurul Hasanah Aceh yang sedang dibangun ini memiliki perpaduan dua konsep daerah yaitu konsep Rumoh Aceh dan konsep tradisional khas Sulteng berupa Tambo dan Lobo, yang sebahagian besar bahannya terdiri dari kayu dan beton.

Masjid tahan guncangan gempa itu berukuran 20x20 meter dan dirancang oleh Dr Ing Andry Widyowijatnoko ST MT yang juga dosen Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada kesempatan itu, Nova mengingatkan bahwa proses rehap rekon akan menyerap energi yang cukup besar dan berbagai permasalahan baru bisa saja muncul dalam proses tersebut. “Kami mengimbau Pemprov Sulut agar menyiapkan rencana aksi seakurat mungkin, sehingga kondisi wilayah ini akan semakin membaik dalam waktu yang tidak lama lagi,” ujar Nova.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved