Subulussalam Salurkan Beasiswa untuk 478 Mahasiswa

Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam kembali menyalurkan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa

Subulussalam Salurkan Beasiswa untuk 478 Mahasiswa
SERAMBI/KHALIDIN
WALI KOTA Subulussalam, H Merah Sakti menyerahkan secara simbolis beasiswa kepada hafiz 30 juz senilai Rp 25 juta lebih yang diterima Rafnawati, yang juga orangtua mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah Muhammad Ghufran Zakira, di ruang LPSE, Selasa (12/2). 

* Dua Hafiz 30 Juz Terima Rp 50 Juta

SUBULUSSALAM - Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam kembali menyalurkan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada 478 mahasiswa asal daerah itu yang kuliah di kampus lokal maupun luar daerah. Beasiswa berbagai kategori ini diserahkan secara simbolis Wali Kota Subulussalam, H Merah Sakti H di ruang LPSE yang berada di samping Kantor Wali Kota Subulussalam, Selasa (12/2) sore.

Kepala Bagian (Kabag) Sosial, Hj Sarmina kepada Serambi mengatakan, jumlah berkas permohonan yang masuk ke panitia mencapai 500 lebih. Namun, setelah diseleksi secara ketat berkas yang memenuhi syarat hanya 478 mahasiswa. Beasiswa tersebut, beber Sarmina, terbagi empat kategori meliputi untuk program D-III, S1, S2, dan S3, baik dalam maupun luar daerah serta beasiswa khusus untuk hafiz 30 juz.

Dia mengungkapkan, dari 478 penerima beasiswa itu, dua di antaranya merupakan hafiz 30 juz yang kuliah di Fakultas Kedokteran Unaya, Aceh Besar dan Fakultas Teknik Unsyiah, Banda Aceh. Keduanya masing-masing M Gufran Zakira, mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah dan Sabarianti, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unaya. “Kedua hafiz ini masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp 25.180.000,” sebutnya.

Sedangkan untuk mahasiswa lainnya mendapat beasiswa dengan nominal bervariasi tergantung tingkat pendidikan mereka. Untuk mahasiswa D-III, D-IV, S1, S2 dan S3, nilainya bervariasi mulai dari Rp 1.880.000 paling rendah untuk mahasiswa D-IV hingga paling besar sebesar Rp 9.180.000 untuk mahasiswa S3 yang berjumlah satu orang.

Asisten II Setdako Subulussalam, Lidin Padang menyebutkan, bantuan beasiswa itu dibagi empat kategori yakni beasiswa kurang mampu 158 orang, beasiswa prestasi 134 orang, beasiswa skripsi, tesis dan disertasi 185 orang, dan beasiswa kategori khusus dua orang. “Secara global, total beasiswa tahun 2018 mencapai Rp 1.424.640.000,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Subulussalam, H Merah Sakti dalam sambutannya menerangkan, program bantuan pendidikan itu merupakan salah satu komitmennya dalam memimpin Kota Subulussalam sejak tahun 2009 lalu. Diuraikan Wali Kota, sebenarnya menempuh pendidikan bukanlah pekerjaan mudah. Merah Sakti pun mengulas betapa sulitnya dia kala sedang menimba ilmu di bangku kuliah dulu. Selain kesulitan biaya juga berbagai kesulitan dialami termasuk keterbatasan akses komunikasi.

Lantaran itu, Merah Sakti mengimbau agar para mahasiswa tidak menyia-nyiakan bantuan beasiswa diberikan pemerintah. “Makanya, jangan sampai terjadi nanti, harusnya adik-adik mahasiswa pulang bawa ijazah, ini justru membawa pulang anak atau calon menantu untuk ayah-ibunya. Kasihan orang tua kalian bekerja keras tapi nyatanya sang anak tak serius kuliah,” tukas Merah Sakti.

Di sisi lain, Wali Kota membeberkan, selain memberikan bantuan beasiswa, Pemko Subulussalam juga membangun asrama mahasiswa, baik di Banda Aceh maupun Medan, Sumatera Utara. Begitu juga asrama mahasiswa di Lhokseumawe, Yogyakarta, dan Jakarta, yang biaya sewanya dibantu pemerintah.

“Kita berharap, di tangan pemimpin pengganti saya ke depan, nilai beasiswa bisa meningkat dari anggaran tahun ini. Jika sampai anggaran beasiswa tidak diprogramkan atau dihapus, saya siap turun ke jalan bersuara memperjuangkan bersama mahasiswa,” tukas Merah Sakti.(lid)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved