Salam

Lalu-lintas Angkutan Barang dan Penumpang Harus Aman

Satu unit truk boks pengangkut ratusan kardus berisi barang yang akan didistribusikan kepada pedagang

Lalu-lintas Angkutan Barang dan Penumpang Harus Aman
IST

Satu unit truk boks pengangkut ratusan kardus berisi barang yang akan didistribusikan kepada pedagang di sejumlah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen, tiga hari lalu dirampok oleh sekawanan pria bersenjata api. Sopir dan dua kernet truk boks sempat disekap dalam mobil minibus para perampok itu sebelum dilepas di kawasan Langsa sekitar lima jam kemudian. Sedangkan truk boks berserta isinya yang diperkirakan bernilai sekitar Rp 2 miliar dibawa kabur para perampok yang disebut-sebut berjumlah tujuh orang. Pihak Kepolisian Resort Bireuen sedang mengusut kasus perampokan yang terjadi di siang bolong ini.

Kita belum tahu bagaimana sebenarnya peristiwa itu bisa terjadi. Dan siapa pula pelakunya yang memiliki senjata api. Lalu, apakah senjata itu benar-benar senjata api atau cuma mainan? Ini masih kita tunggu hasil pengusutan pihak kepolisian.

Yang pasti, kejahatan parampokan di jalanan yang menimpa truk pengangkut barang kebutuhan masyarakat, selain bisa menimbulkan ketakutan juga bisa berdampak terhadap ekonomi, terutama terjadinya gangguan pasokan barang ke pasar-pasar di Aceh. Jadi, kejahatan perampokan itu bukan hanya menimbulkan kerugian pada pemilik truk dan barang beserta sopir dan kernet, tapi dampaknya bisa meluas bila kejahatan itu sering-sering terjadi.

Di sisi lain, kejahatan perampokan terhadap truk pengangkut barang, terutama yang berharga mahal, juga bisa mengancam keselamatan awak angkutan. Kekerasan terhadap awak angkutan dilakukan untuk mempermudah perampokan.

Makanya, kita melihat, adanya risiko kejahatan terhadap angkutan barang, memerlukan usaha mencegah kejahatan. Sebab, mencegah kejahatan sama dengan mengurangi risiko apapun yang biasa terjadi dalam kasus-kasus kejahatan di jalanan.

Angkutan barang dan penumpang merupakan unsur yang sangat penting. Bagi Aceh yang berada di ujung paling barat Pulau Sumatera, angkutan darat ini berfungsi sebagai urat nadi kehidupan dan perkembangan ekonomi, sosial, politik, serta mobilitas penduduk. Semakin tinggi mobilitas, maka semakin cepat gerakan distribusi serta pemasaran. Bukan hanya barang dari luar Aceh masuk ke sini, tapi barang-barang produksi Aceh juga akan lancar pemasarannya ke luar daerah.

Itulah yang disebut transportasi sebagai penggerak kemajuan ekonomi. Jadi, akan tidak bermakna jalan dan jembatan bagus, jika lalu-lintas angkutan barang dan orang tidak lancar atau terganggu oleh faktor keamanan. Jenis-jenis kejahatan yang sering mengganggu truk-truk pengangkut barang antara lain bajing loncat, pemerasan, dan perampokan.

Oleh karenanya, kasus perampokan truk boks di Bireuen kita harap bisa diusut secara serius hingga bisa menangkap pelakunya. Sebab, jika sampai para perampok itu berhasil menghilangkan jejak, maka kita khawatir kejahatan serupa akan terulang, baik oleh pelaku yang pernah berhasil maupun penjahat kambuhan baru. Nah?!

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved