Mosa Terima Siswa Baru via Online

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Modal Bangsa (Mosa) Aceh kembali menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Mosa Terima Siswa  Baru via Online
IST
ANWAR AMIN, Kepala SMAN Modal Bangsa Aceh

* 18-24 Februari 2019

BANDA ACEH - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Modal Bangsa (Mosa) Aceh kembali menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, pendaftaran siswa baru Mosa kali ini dilakukan secara online melalui web resmi ppdb.sman-modalbangsa.sch.id, 18-24 Februari 2019.

Demikian diungkapkan Kepala SMAN Mosa, Dr Anwar Amin MEd, kepada Serambi, Jumat (15/2). Menurutnya, pendaftaran secara online bertujuan untuk memudahkan siswa untuk mendaftar, tanpa harus datang ke sekolah tersebut. “Kali ini siswa cukup mendaftar online dengan melengkapi syarat yang sudah ditentukan. Kalau hasil verifikasi nantinya cocok dan memenuhi syarat, maka mereka akan mendapat notifikasi dari Mosa,” ujarnya.

Hal baru lainnya, lanjut Anwar, pada tahun ini pihaknya mensyaratkan nilai rapor siswa minimal 78,00 untuk mata pelajaran agama, matematika, IPA, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris pada semester 3, 4, dan 5. “Kalau ada pelajaran yang tidak mencapai nilai 78.00, maka secara rata-rata keseluruhan harus mencapai 78.00,” katanya, dan menyebut nilai itu lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni 75,00.

Namun demikian, SMAN Modal Bangsa pada tahun ini akan menerima lebih banyak siswa yaitu 150 orang yang akan dibagi ke dalam lima kelas. “Pengalaman dari tahun lalu, jumlah pelamar Mosa mencapai 850 orang. Setiap tahun terus meningkat jumlahnya, sehingga kami perlu menambah kuota yang diterima dari 120 menjadi 150 siswa,” jelas Anwar.

Terkait lokasi pelaksanaan tes, lanjut Anwar, sangat tergantung pada jumlah pelamar tahun ini. Apabila membeludak, pihaknya akan menggunakan gedung lain di Banda Aceh atau Aceh Besar yang memiliki kapasitas lebih besar. Calon pelamar juga bisa mengakses http://www.sman-modalbangsa.sch.id, berkonsultasi via email, atau menelepon pihak sekolah terkait syarat dan ketentuan lainnya serta update informasi terkait PPDB tahun ini.

“Kami ingin siswa daerah semakin ramai yang mendaftar di Mosa. Jangan takut untuk bersaing, karena di daerah juga banyak anak-anak yang berpotensi namun takut berkompetisi,” kata Anwar Amin, seraya menjelaskan pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi siswa daerah untuk menikmati pendidikan berkualitas di SMA terkemuka di Aceh itu.

Bebas Tes Tulis
Kepala SMAN Mosa Dr Anwar Amin menambahkan, pihaknya membebaskan tes tahap pertama yakni ujian tulis kepada calon peserta dengan prestasi sebagai berikut. Pertama, juara 1, 2, dan 3 olimpiade sains SMP tingkat nasional bidang matematika, fisika, dan biologi. Kedua, kepada juara 1, 2, dan 3 olimpiade sains SMP tingkat provinsi bidang matematika, fisika, dan biologi.

Terakhir, Mosa juga membebaskan tes tahap I kepada juara 1, 2, dan 3 olimpiade matematika, fisika, biologi, dan bahasa Inggris pada FLASH Allegiance 2019 di SMAN Modal Bangsa Aceh, termasuk juara 1 tilawah (putra dan putri), juara 1 story telling, juara 1 vokal solo, dan juara cerdas cermat. “Mereka mendapatkan golden ticket yang berarti bebas tes tulis,” demikian Anwar.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved