Tiga Penculik ke Jaksa

Penyidik Reskrim Polres Aceh Utara, Kamis (14/2), melimpahkan tiga pria yang terlibat dalam kasus penculikan

Tiga Penculik ke Jaksa
Daily Mail
Ilustrasi 

* Pelaku dan Korban Jadi Tersangka

LHOKSUKON - Penyidik Reskrim Polres Aceh Utara, Kamis (14/2), melimpahkan tiga pria yang terlibat dalam kasus penculikan terhadap Zulkhairi (32), pengedar narkoba asal Desa Geulumpang VII, Kecamatan Matangkuli, ke Kejaksaan Negeri Aceh Utara.

Dari tiga tersangka, dua di antaranya adalah Bustami alias Romi (21) dan Syamsuddin (36), warga asal Geudumbak, Kecamatan Langkahan, dan Bustamin (37) warga Desa Bate Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara.

Diberitakan sebelumnya, aparat gabungan Polres Aceh Utara bersama Polsek Langkahan Aceh Utara pada 17 Desember 2018 berhasil meringkus tiga pria yang terlibat dalam kasus penculikan terhadap Zulkhairi di dua lokasi terpisah, Kecamatan Langkahan dan Meurah Mulia. Kasus penculikan tersebut dilaporkan pada 13 Desember 2018 oleh Nurhayati (28), ibu rumah tangga (IRT) yang juga istri Zulkhairi. ‘

Sementara Zulkhairi yang menjadi korban dalam kasus tersebut, juga menjadi tersangka dalam kasus narkoba. “Kasus tiga tersangka ini sudah lengkap (P21), maka dilakukan pelimpahan tahap dua, kemarin. Jadi, ketiga tersangka beserta barang bukti kemarin dibawa ke Jaksa untuk dilimpahkan,” ujar Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasatreskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah kepada Serambi, Jumat (15/2).

Disebutkan, karena peran mereka dalam kasus penculikan tersebut berbeda, sehingga berkas terhadap tiga tersangka diproses terpisah (split). Selain itu, ketiganya bersama korban juga diproses dalam kasus narkoba, karena selain terlibat penculikan, ketiga pria itu terlibat dalam peredaran narkotika jenis sabu-sabu.

Proses kasus keterlibatan narkoba dengan penculikan juga diproses berbarengan. Namun, untuk kasus narkoba dalam proses perampungan berkas. Ketiga tersangka dalam kasus penculikan dijerat dengan Pasal 328 juncto Pasal 333 juncto Pasal 368 KUHPidana tentang merampas kemerdekaan orang lain dan pemerasan. Barang bukti yang dilimpahkan dalam kasus tersebut seutas tali dengan panjang sekitar 2 meter dan satu unit sepeda motor.

Dititipkan ke Rutan
Sementara itu, Kasat Narkoba AKP Ildani Ilyas kepada Serambi menyebutkan, ketiga tersangka yang juga terlibat narkoba saat ini ditahan di Rutan Tahanan Lhoksukon. Sedangkan korban penculikan yang menjadi tersangka kasus narkoba masih ditahan di Mapolres Aceh Utara. “Jadi, kalau dibutuhkan akan dijemput untuk pelimpahan, karena saat ini berkas mereka masih dirampungkan penyidik,” kata Kasat Narkoba.(jaf)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved