Polisi Temukan Mobil Boks

Mobil boks jenis Mitsubishi Fuso BL 8243 JA yang dihadang tujuh pria bersenjata api (bersenpi) laras pendek

Polisi Temukan Mobil Boks
SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
MOBIL boks yang dihadang di kawasan Bugeng, Peudada, Bireuen, setelah ditemukan di kompleks SPBU Simpang Semadam, Aceh Tamiang, dibawa pulang ke Polres Bireuen, Sabtu (16/2). 

* Terparkir di SPBU Simpang Semadam

BIREUEN - Mobil boks jenis Mitsubishi Fuso BL 8243 JA yang dihadang tujuh pria bersenjata api (bersenpi) laras pendek di kawasan Bugeng, Kecamatan Peudada, Bireuen, beberapa hari lalu, akhirnya ditemukan anggota Polres Bireuen, Sabtu (16/2) sekitar 03.00 WIB. Saat ditemukan, mobil boks itu terparkir di kompleks Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Simpang Semadam, Aceh Tamiang.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi, didampingi Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH mengatakan, tim lapangan mendapat informasi ada satu mobil terparkir di SPBU Simpang Semadam. Lalu, menurutnya, tim bergerak ke tempat itu untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Hasilnya, didapati informasi bahwa mobil itu sudah terparkir sejak satu atau dua hari lalu.

“Ketika kita periksa, boks mobil itu sudah kosong dan tak ada isi sama sekali. Nopol belakang sudah dicat sehingga tak lagi terlihat jelas. Sementara nopol depan tidak diutak-atik dan wayer bagian depan sebelah kiri sopir juga dirusak. Kemungkinan hal itu dilakukan pelaku untuk melihat apakah ada dipasang GPS atau tidak,” ujar Kasat Reskrim.

Setelah ditemukan, sambung Iptu Eko Rendi, tim Polres Bireuen yang beranggotakan lima orang langsung membawa pulang mobil tersebut ke Bireuen dan tiba di Mapolres, Sabtu (16/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Langkah itu dilakukan polisi dalam rangka penyelidikan dan pengembangan lanjutan kasus tersebut.

Hasil penelusuran tim lapangan, tambahnya, setelah dihadang di kawasan Bugeng, mobil boks tersebut bergerak ke arah barat dan memutar haluan di dekat SPBU Jeunieb, Bireuen. “Ada rekaman CCTV yang memperlihatkan mobil tersebut putar haluan di kawasan Jeunieb dan kemudian balik lagi ke arah timur. Beberapa jam kemudian, korban diturunkan di perkebunan sawit kawasan Langsa,” ujar Kasat Reskrim.

Seperti diberitakan kemarin, tujuh pria menumpangi mobil Toyota Avanza putih merampok mobil boks jenis Mitsubishi Fuso BL 8243 GA yang sedang mengangkut rokok Sampoerna dari Lhokseumawe menuju Samalanga, Bireuen, Selasa (12/2) siang. Pelaku yang menggunakan senjata api (senpi) laras pendek itu menghadang mobil boks di Jalan Banda Aceh-Medan, kawasan Desa Gampong Mulia (Bugeng), Kecamatan Peudada, Bireuen. Kemudian, korban diturunkan di areal perkebunan sawit kawasan Kota Langsa sekitar pukul 20.30 WIB, sedangkan mobil dan isinya berupa rokok sebanyak 300 kotak dilarikan pelaku.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi, didampingi Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH, memperkirakan, setelah korban diturunkan di areal perkebunan kelapa sawit kawasan Langsa, pelaku yang diperkirakan berjumlah lima orang menggasak semua isi boks mobil tersebut dan kemudian meninggalkan kendaraan di SPBU Semadam.

“Petugas SPBU Semadam tak mengetahui sama sekali jika ada mobil boks yang dirampok tujuh pria bersenpi beberapa hari lalu dan kini diparkir di SPBU tersebut. Sebab, lanjut Eko Rendi, di tempat itu banyak sekali mobil parkir baik untuk mengisi BBM maupun istirahat. Mobil boks tersebut tidak diketahui sudah berapa hari di sana. Mobil kemungkinan sudah diparkir satu atau dua hari,” kata Kasat Reskrim. Soal ada yang ganjil dan mobil tanpa sopir atau kernet akan disampaikan Polres Bireuen.

Menyangkut pelaku, Kapolres mengatakan, hingga kini kasus itu masih dalam tahap penyelidikan dan pengembangan lapangan. “Isi boks berupa berbagai jenis rokok produk PT HM Sampoerna sudah tidak ada sama sekali, boks sudah kosong. Isi boks sebagaimana faktur dari sales rokok tersebut mencapai 300 kotak besar atau nilainya mencapai Rp 2 miliar lebih,” pungkasnya.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved