Warga Laporkan Temuan Inspektorat

Sejumlah warga Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat melaporkan temuan inspektorat

Warga Laporkan Temuan Inspektorat
SERAMBI/RIZWAN
Keuchik Suak Indrapuri Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Rosni Fianti Mala ketika mendorong kereta sorong berisikan batubara yang mencemari pantai dan laut di desa setempat, Jumat (11/8).SERAMBI/RIZWAN 

* Terkait Dugaan Penyimpangan Dana Desa

MEULABOH - Sejumlah warga Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat melaporkan temuan inspektorat setempat terkait audit dana desa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Barat. Pelaporan warga itu turut didampingi Koordinator Gerakan Aceh Anti Korupsi (GAAK).

Warga yang menyerahkan berkas temuan inspektorat ke jaksa pada Senin lalu itu, adalah Dewi Kurniati dan Thaqiruddin bersama enam warga lainnya. Mereka turut didampingi Koordinator GAAK, Sayid Fuadi Al-Alydus. Berkas laporan itu diterima Kajari Aceh Barat, Ahmad Sahrudin MH, didampingi Kasi Pidsus Fakhrol Rozi SH.

Dewi didampingi Thaqiruddin kepada Serambi, Minggu (17/2) kemarin, mengungkapkan, sesuai audit inspektorat ditemukan dugaan ada dana yang perlu diusut senilai Rp 423,2 juta. “Kami meminta kejaksaan mengusut kasus ini. Itu temuan inspektorat yang harus ditindaklanjuti,” katanya.

Dewi menjelaskan, persoalan temuan dugaan penyimpangan dana desa saat audit inspektorat itu tidak boleh didiamkan karena ini dana rakyat yang perlu diawasi bersama. Karena itu, pintanya, jaksa harus segera mengusut tuntas laporan tersebut, apalagi berkasnya telah diserahkan ke kejaksaan.

Koordinator GAAK, Sayid menambahkan, memang ada sejumlah temuan inspektorat yang sudah dikembalikan, tetapi masih belum sempurna serta tidak menutup celah untuk tetap diproses. “Kami menyerahkan laporan ini bersama-sama dengan masyarakat,” tukas Sayid.

Secara terpisah, Kajari Aceh Barat, Ahmad Sahruddin, melalui Kasi Pidsus Fakhrol Rozi yang ditanyai Serambi, kemarin, membenarkan, bahwa ada sejumlah warga dari Suak Indrapuri datang ke Kejari menyerahkan berkas temuan inspektorat. “Kami telaah dulu, pelajari soal itu,” ucapnya.

Menurutnya, siapa pun boleh menyerahkan berkas dan pihak kejaksaan akan mempelajari serta dipastikan. Selama ini, sebutnya, banyak berkas dan laporan yang diserahkan warga terkait dana desa serta masih dalam proses telaah untuk memastikannya.

Sementara itu, Keuchik Suak Indrapuri, Rosni Fianti Mala yang dikonfirmasi Serambi, kemarin, menegaskan, apa yang menjadi temuan Inspektorat Aceh Barat sudah selesai ditangani dan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. “Sudah selesai. Itu orang-orang yang kurang senang dengan saya sehingga mencari kesalahan saya,” tukas Rosni.

Ia menekankan, pihaknya siap menjelaskan kepada siapapun terkait audit inspektorat. Selama kepemimpinannya, ujar dia, telah banyak kemajuan di Desa Suak Indrapuri sehingga dinilai aneh bila ada sejumlah warga yang mencari-cari kesalahan dirinya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved