KIP Abdya Kekurangan 500 Lembar Surat Suara DPRK, Ini Penyebabnya

Sebanyak 500 lembar surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan tidak cukup.

KIP Abdya Kekurangan 500 Lembar Surat Suara DPRK, Ini Penyebabnya
SERAMBI/ZAINUN YUSUF
ILUSTREASI -- Surat suara Pileg 2014 yang dikemas dalam ratusan kotak, tiba di Sekretariat KIP Kabupaten Abdya, Kamis (6/3/2014) sore. Ketua Pokja Logistik KIP Abdya, Muhammad Zikri, sedangkan memeriksa kotak berikan surat suara. SERAMBI/ZAINUN YUSUF 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Sebanyak 500 lembar surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRK Aceh Barat Daya (Abdya) dikabarkan tidak cukup.

Pasalnya, hasil pengiriman itu, KIP Abdya hanya menerima 207 kotak surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRK Abdya.

Harusnya, KIP Abdya menerima 208 kotak surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRK atau 103.687 lembar, layaknya kertas surat suara pemilihan calon DPR-RI maupun DPRA.

Kabarnya, satu kotak surat suara atau diperkirakan sebanyak 500 lembar itu terkirim ke Aceh Tengah.

Ketua KIP Abdya, Sanusi SPd saat dikonfirmasi Serambinews.com membenarkan bahwa saat ini untuk surat suara pemilihan caleg DPRK Abdya itu terjadi kekurangan 500 lembar.

Baca: KIP Abdya Tetapkan Lokasi Kampanye Terbuka, Ini Lokasinya

"Iya, satu kotak terkirim ke Aceh Tengah," ujar ketua KIP Abdya, Sanusi SPd kepada Serambinews.com, Rabu (20/2/2019).

Dia tambahkan, persoalan kekurangan surat suara pemilihan calon legislatif DPRK Abdya itu telah disampaikan ke KIP Aceh.

Baca: KIP Abdya Tetapkan Jumlah DPT Hasil Perbaikan Kedua, tak Memiliki e-KTP tidak Bisa Memilih

"Hasil konsultasi dengan KIP Aceh, meminta kita bersabar menunggu. Karena, kekurangan dan salah kirim satu kotak surat suara itu terjadi akibat kesalahan dari pihak perusahan jasa pengiriman," katanya.

Baca: Lantik 45 Anggota PPK, Ketua KIP Abdya: Jangan Coba-coba Main Mata dengan Peserta Pemilu

"(Terkait) sampainya tidak tahu, karena itu masih tanggung jawab pihak ekspedisi (jasa pengiriman). Kabarnya, surat itu sudah dikirim kembali ke Medan, untuk dilanjutkan ke Abdya," tambahnya.

Menurut Sanusi, surat suara DPRK Abdya yang terjadi kekurangan itu adalah daerah pemilihan II yang meliputi, Kecamatan Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil.

"Harusnya dapil II itu menerima 72 kotak, atau 35.765 lembar, tapi yang kita terima hanya 71 kotak, atau sekitar 35.265 lembar," terangnya seraya menyebutkan untuk surat suara DPRK Dapil I dan Dapil III sesuai dengan jumlah pemilih. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved