107 CJH belum Urus Paspor

Sebanyak 107 calon jamaah haji (CJH) Pidie belum mengurus paspor untuk menunaikan ibadah haji tahun

107 CJH belum Urus Paspor
SERAMBI/M ANSHAR
WARGA mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh 

* Paling Lambat, Maret Harus Tuntas

SIGLI - Sebanyak 107 calon jamaah haji (CJH) Pidie belum mengurus paspor untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Dari 454 CJH, sebanyak 347 orang telah menyerahkan paspor dan bagi yang belum mengurusnya, maka diberi waktu sampai maret 2019 mendatang, karena akan diserahan ke Kanwil Kemenag Aceh.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Pidie, M Yusuf SAg, kepada Serambi, Kamis (21/2) mengatakan tahun ini 454 CJH Pidie akan berangkat menunaikan ibadah haji. Dari jumlah tersebut tercatat 347 CJH Pidie telah menyerahkan paspor kepada Kankemenag Pidie, tetapi 107 CJH belum menyerahkan paspor.

Dikatakan, 347 paspor CJH belum dikirim ke Kanwil Kemenag Aceh, seiring belum adanya formulir yang dikirim Kementerian Agama RI. Dikatakan, formulir tersebut akan diisi dan diserahkan bersamaan dengan paspor kepada Kanwil Kemenag Aceh, paling lambat pada Maret 2019, atau seluruhnya harus tuntas bulan depan.

“Kami mengimbau kepada CJH yang belum menyerahkan paspor, agar dapat segera mengurus dan menyerahkan kepada Kankemenag Pidie,” harapnya. Dia menjelaskan telah mengusulkan CJH lansia berjumlah 106 orang, yang nantinya digabungkan dengan anak kandung sebagai pendamping, karena mendaftar pada 2016.

M Yusuf menyatakan pihaknya juga mengusulkan penggabungan suami-istri dan orang tua bersama anak mereka dengan jumlah 22 orang. “Saat ini, untuk reguler 62.541 orang dan cadangan 62.804, serta khusus bagi cadangan berhak melunasi ongkos ibadah haji, meski tidak berangkat,” jelasnya.

Dia menambahkan, daftar tunggu CJH Pidie berdasarkan data Desember 2018 sekitar 8.880 orang, sehingga butuh waktu 25 tahun agar daftar tunggu habis. Dikatakan, tingginya daftar tunggu, akibat tingginya antusias warga menunaikan ibadah haji.

“Dalam satu hari, bisa delapan orang yang mendaftarkan diri menunaikan ibadah haji ke Kankemenag Pidie yang didominasi petani dan pedagang,” sebutnya.

M Yusuf juga menyebutkan sebanyak 27 CJH Pidie menunda keberangkatan ibadah haji pada tahun ini, dimana 18 meninggal dunia dan 9 menunda berangkat pada tahun ini. Selain, para CJH Pidie juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan kedua. “Untuk pemeriksaan kesehatan ditanyakan ke Dinkes Pidie,” sebutnya.

Kasi P2PTM dan Keswan Dinas Kesehatan Pidie, Cut Maidawati, yang dihubungi secara terpisah, kemarin menjelaskan pemeriksaan kesehatan CJH Pidie telah mencapai 96 persen, umumnya di Puskesmas. “Untuk sementara, semua CJH tidak ada yang mengalami penyakit,” pungkasnya.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved