Malam Ini, Bupati Buka MTQ Aceh Utara

Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib akan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 tingkat kabupaten

Malam Ini, Bupati Buka MTQ Aceh Utara
IST
TGK IDRIS, Kadis Dinas Syariat Islam Aceh Utara

LHOKSUKON - Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib akan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-34 tingkat kabupaten di Landing Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, nanti malam. Persiapan untuk kegiatan tersebut sudah matang termasuk pemondokan kafilah, dan lokasi mimbar tiap cabang yang diperlombakan.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Utara, Tgk M Idris SE didampingi Kabag Humas Setdakab Aceh Utara, Andree Prayuda MAP kepada Serambi Kamis (21/2) mengatakan, MTQ kali ini diikuti 929 peserta plus pendamping atau ofisial masing-masing tiap kecamatan 5 orang. Artinya, jumlah peserta meningkat dibandingkan MTQ sebelumnya 802 orang.

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan lokasi pemondokan di lima gampong dalam Kecamatan Lhoksukon yang dekat dengan lokasi arena MTQ. Sementara untuk lokasi mimbar perlombaan, menurut Tgk M Idris, mimbar utama berada di lapangan sebelah timur Kantor Bupati di Landing.

Sedangkan untuk cabang qiraat sab’ah lokasi perlombaannya di Aula Kantor Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Utara. Cabang hifzil di Aula Kantor Kesbang Pol, cabang syarhil di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Berikutnya, untuk cabang fahmil mengambil lokasi di aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Untuk tiga cabang lain yakni tafsir, khattil dan Maqalah Musabaqah Quran (MMQ) perlombaannya mengambil tempat di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Aceh Utara berada di Desa Alue Keujruen,” ujar Tgk Idris yang juga ketua Panitia.

Data yang diterima panitia, Kecamatan Dewantara mengirim peserta terbanyak yakni 51 orang. Lalu Matangkuli dan Baktiya mengutus 50 peserta. Sedangkan kecamatan lainnya, Sawang (29), Muara Batu (42), Nisam (38), Banda Baro (41), Nisam Antara (30), Simpang Keuramat (33), Kuta Makmur (44), Syamtalira Bayu (31), Samudera (31), Meurah Mulia (35), dan Syamtalira Aron (36).

Lalu, Tanah Pasir (32), Lapang (26), Tanah Luas (35), Nibong (30), Paya Bakong (23), Pirak Timu (29), Lhoksukon (34), Cot Girek (29), Baktiya Barat (40), Seunuddon (33) dan Tanah Jambo Aye (42). Sedangkan peserta yang paling minim peserta adalah Geureudong Pase 17 orang, dan Kecamatan Langkahan 18 peserta.

Kepala Dinas Syariat juga menyebutkan, saat pembukaan MTQ Ke-34 ini, pihaknya juga akan menyerahkan bonus kepada para juara MTQ Ke-33 tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 lalu yang saat itu telah mengharumkan nama Kabupaten Aceh Utara. Bonus itu seyogianya diserahkan pada tahun 2018 lalu. “Namun karena beberapa kendala, maka akan diserahkan pada momen pembukaan MTQ ke-34,” katanya.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved