Soal Saluran Irigasi Ambruk, LIRA Desak DPRA Turunkan Pansus Proyek DOKA

LIRA Aceh Tenggara, mendesak pimpinan DPRA segera turunkan tim pansus terkait amblasnya dinding saluran irigasi di daerah itu.

Soal Saluran Irigasi Ambruk, LIRA Desak DPRA Turunkan Pansus Proyek DOKA
Serambinews.com
Dinding saluran irigasi di Desa Semadam Awal, Kecamatan Semadam, Agara, amblas dan menutupi saluran tersebut, Kamis (21/2/2019).  

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara, mendesak pimpinan DPRA segera turunkan tim pansus terkait amblasnya puluhan meter dinding saluran irigasi di Desa Semadam Awal, Kecamatan Semadam, Agara.

"Pengawasan proyek DOKA di Agara sangat lemah. Tim Pansus DPRA harus turun ke lapangan. Jangan ‘gertak sambal’. Karena sebelumnya pansus DPRA menyatakan akan turun ke Agara, tapi sampai saat ini belum juga dilakukan," kata Bupati LIRA Agara, M Saleh Selian kepada serambinews.com, Jumat (22/2/2019).

Menurutnya, bukan hanya proyek yang dikelola Dinas Pengairan Aceh, tetapi proyek Dinas Pariwisata Aceh, Dinas Pendidikan, dan dinas lainnya di Agara yang menggunakan dana DOKA, juga banyak bermasalah.

Baca: Polisi Spanyol Tangkap 4 Aktivis Prokemerdekaan Catalan, Imbas Mogok Massal di Barcelona

Baca: 35 Pejabat Aceh Tenggara Ikuti Seleksi Lelang Jabatan Eselon II di Medan

Baca: Jalan Bertabur Lubang, LIRA Agara Pertanyakan Dana Pemeliharaan Jalan Kabupaten

Seperti diberitakan, akibat pekerjaan yang kurang berkualitas, menyebabkan puluhan meter dinding saluran irigasi persawahan di Desa Semadam Awal, Kecamatan Semadam, Agara, amblas, patah, dan retak-retak.

Proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada Dinas Pengairan Aceh ini harus diperbaiki segera

“Kami khawatirkan kalau tidak diperbaiki, kerusakannya akan semakin parah dan jika hujan, air meluap mengenangi sawah masyarakat. Saluran irigasi ini sudah amblas sejak beberapa bulan lalu, tapi belum diperbaiki pihak kontraktor," ungkap Irfan, seorang petani di daerah itu kepada Serambinews.com, Kamis (21/2/2019).(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved