Bupati Tamiang Minta Petani Kembangkan Pembibitan

Bupati Aceh Tamiang Mursil meminta para petani melakukan inovasi, khususnya bidang pembibitan tanaman

Bupati Tamiang Minta Petani Kembangkan Pembibitan
Serambinews.com
Tim SSB Garda Tamiang saat dilepas Bupati Aceh Tamiang, Mursil saat hendak berangkat menuju Lembang, Jawa Barat, Senin (21/1/2019). 

KUALASIMPANG - Bupati Aceh Tamiang Mursil meminta para petani melakukan inovasi, khususnya bidang pembibitan tanaman. Persoalan bibit sudah menjadi kendala utama Pemkab Aceh Tamiang selama ini, karena harus didatangkan dari luar daerah.

“Kita masih dipusingkan masalah bibit, karena setiap mau menanam, harus didatangkan dari daerah lain,” kata Mursil, Jumat (22/2). Dia mencontohkan untuk tanaman bunga kertas, kebutuhan Aceh Tamiang harus dipenuhi dari Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dikatakan, jika pasokan bibit tak terpenuhi, maka sektor pertanian di Aceh Tamiang bisa lumpuh. Mursil pun menyarankan petani lokal memantau perkembangan pertanian di luar negeri, karena petani di manca negara sudah mengelola pembibitan, sehingga mampu menjadi pemasok bibit ke berbagai negara.

“Sektor pembibitan ini sudah bisa dilirik, kita harus coba dan kita jangan terpaku pada pola kerja yang salah,” sambungnya. Dia pun berharap Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Aceh Tamiang bersedia mendampingi petani yang ingin memulai sektor pembibitan.

Di sisi lain seluruh petani diingatkan agar terus konsisten menegakkan Syariat Islam. “Alhamdulillah, meski sempat dilanda kemarau, petani padi tidak gagal panen, karena tiba-tiba turun hujan,” tuturnya.

Ketua DPD Perhiptani Aceh Tamiang, Safwan menjelaskan akan terus meningkatkan silaturahmi dengan seluruh penyuluh agar program yang ingin dicapai pemerintah bisa terlaksana. “Peningkatan kesejahteraan penyuluh juga menjadi bagian program kerja kami,” kata pria yang juga Kadis Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Aceh Tamiang.(mad)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved