Polisi Sebar Idenditas Napi Kabur

Jajaran Polres Aceh Tengah masih memburu sembilan penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon

Polisi Sebar  Idenditas Napi Kabur
SERAMBI/MAHYADI
Kepala Rutan Kelas IIB Takengon, Sugiyanto, mengamati sel karantina yang telah dijebol oleh 11 tahanan yang berhasil melarikan diri, Kamis (21/2) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB. SERAMBI/MAHYADI 

TAKENGON - Jajaran Polres Aceh Tengah masih memburu sembilan penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon yang kabur pada Kamis (21/2) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB. Polisi menyebarkan identitas serta foto sembilan tahanan tersebut.

Sebelumnya, ada sebelas penghuni rutan melarikan diri setelah berhasil menjebol plafon sel karantina dan membongkar jendela ruangan bendahara Rutan Takengon. Namun, dua orang terpidana Sukri Agus dan Dedi berhasil dibekuk polisi beberapa jam setelah diketahui melarikan diri.

Sejak dilaporkan adanya tahanan yang melarikan diri, pihak kepolisian Polres Aceh Tengah, langsung menggelar razia di beberapa lokasi mencari keberadaan sembilan tahanan yang masih menghilang.

“Sampai dengan hari ini, ke sembilan tahanan yang kabur belum kita temukan. Baru dua orang saja berhasil ditangkap,” kata Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairajadi melalui Kasat Reskrim, Iptu Agus Riwayanto Diputra kepada Serambi, Jumat (22/2).

Disebutkan Agus, untuk menangkap kembali para tahanan yang kabur, pihak kepolisian telah menyebar identitas serta foto para penghuni rutan yang melarikan diri. “Identitas tahanan ini juga sudah disebarkan di seluruh Polsek sehingga keberadaanya bisa dengan cepat diketahui,” jelasnya.

Disamping itu, lanjut Agus Riwayanto Diputra, pihaknya mengimbau kepada pihak keluarga tahanan, jika mengetahui keberadaan yang bersangkutan untuk bisa menyerahkan secara baik-baik kepada pihak kepolisian. “Begitu juga dengan masyarakat, kalau ada yang melihat dan mengetahui keberadaan tahanan tersebut agar bisa segera melaporkan ke polisi,” imbaunya.

Ketika ditanya adanya kemungkinan terpidana sudah lari ke luar Aceh Tengah, Agus Riwayanto, enggan berkomentar banyak. Ia menyebutkan, dimungkinkan para tahanan tersebut melarikan diri ke luar daerah, tetapimasih berpeluang berada di seputaran Aceh Tengah.

“Kami masih tetap berupaya untuk menemukan mereka, dan dua tahanan yang berhasil ditangkap sudah diserahkan kembali ke Rutan Takengon,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebelas penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB, Takengon Kamis (21/2) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB, melarikan diri dengan cara menjebol plafon serta merusak jeruji besi jendela ruang bendahara rutan setempat.

Para penghuni Rutan Takengon yang kabur, terdiri dari dua orang berstatus tahanan Pengadilan Negeri (PN) Takengon, serta sembilan orang lagi, tercatat sebagai narapidana. Ironisnya, beberapa orang narapidana yang kabur, masa tahananya hanya tinggal beberapa hari lagi, tetapi tetap nekat melarikan diri.(my)

tahanan yang belum ditemukan
- Zuhri bin Jamil
- Supri Arianto bin Kamaruddin
- Yusriadi bin Zainuddin
- Ewin AG bin M Nasir
- Nurman bin Yusuf
- Kaslanto bin Sumawardi
- Ihkwan bin Ariskana
- Suardi alias Adi Andong bin Jainuddin
- Fauzi bin Hamdan

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved