Citizen Reporter

Mufti pun Dipekerjakan di Bank

PEKAN lalu, saya bersama mahasiswa Pascasarjana Konsentrasi Usul dan Fikih Universitas Al Ahgaff mengadakan riset

Mufti pun Dipekerjakan di Bank
IST
YUNALIS ABDUL GANI

OLEH YUNALIS ABDUL GANI, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Al-Ahgaff, alumnus Dayah Ummul Ayman, Konsultan Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Hadhramaut, Yaman, melaporkan dari Tarim, Yaman

PEKAN lalu, saya bersama mahasiswa Pascasarjana Konsentrasi Usul dan Fikih Universitas Al Ahgaff mengadakan riset dan observasi finansial di Bank Saba’ Al Islami dan Bank Tadhamun Al Islami Ad Duali di Kota Seiwun, Hadhramaut, Yaman. Agenda riset ini adalah konfigurasi praktik dari pelajaran Tamwil Islami (pengembangan harta kekayaan secara islami), salah satu kurikulum semester akhir pada Fakultas Syariah Pascasarjana Universitas Al Ahgaff.

Selain untuk menimba wawasan seputar bank syariah, tujuan dari agenda ini adalah agar para mahasiswa terjun langsung untuk menganalisis di lapangan demi menumbuhkan kemandirian, baik secara finansial maupun intelektual.

Dikoordinir oleh Dosen Program Studi Muamalah Maliah Kontemporer, Dr Ahmad bin Saleh Ba Fadhal, kami 20 peserta berangkat dari universitas Al Ahgaff Tarim menuju bank tersebut tepatnya pukul 06.00 waktu Yaman.

Bank pertama yang kami tuju adalah Bank Saba’ Islami Seiwun. Bank ini merupakan salah satu dari tujuh cabang bank yang menerapkan dan mempraktikkan Qanun Perbankan Syariah Islam di Republik Yaman.

Direktur Bank Saba’, Dr Aiman As Sa’adi menerangkan panjang lebar seputar Undang-Undang Perbankan Yaman yang berlaku di bank tersebut dan sejalan dengan Qanun Syariat Islam.

Selain itu, yang membuat saya dan kawan-kawan takjub adalah bank ini ternyata menyediakan seorang mufti (pemberi fatwa untuk memutuskan masalah yang berhubungan dengan hukum Islam) di bank tersebut. Sebagai mufti, orang tersebut tentu saja sangat ahli dalam bidang usul dan fikih, serta problematika kontemporer seputar perbankan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya perkara haram dan kesalahan dalam transaksi dan interaksi yang dijalankan di bank. Subhanallah! Sungguh sangat luar biasa.

Setelah kurang lebih tiga jam di bank tersebut, kami melanjutkan perjalanan ke Bank Tadhamun Al Islami Ad Duali di pusat Kota Seiwun. Sama halnya dengan Bank Saba’, bank ini pun salah satu bank yang menerapkan Qanun Perbankan Syariah Islam di Yaman.

Qanun Perbankan Yaman adalah salah satu qanun perbankan terbaik di Jazirah Arab. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Direktur Bank Tadhamun, Dr Umar Awadh Mazru’. “Qanun Bunuk Yaman min ahsan qanun fi Jazirah Arab (Qanun Bank Syariah Yaman adalah sebagian dari qanun perbankan terbaik di Jazirah Arab secara umum),” ungkapnya dengan lahjah Arab.

Menurutnya, selain ada qanun syariah yang tertulis, Qanun Perbankan Yaman dikatakan terbaik karena kenyataannya bersih dari praktik riba dan segala hal yang dilarang dalam syariat Islam. Muamalat dan transaksi yang diterapkan di bank tersebut memang sangat sejalan dengan syariat Islam, seperti mudharabah, murabahah, ijarah, istishna’, dan berbagai muamalat lainnya yang sesuai dengan fikih islami.

Hal ini memang sangat terlihat dari metode transaksi yang mereka terapkan di bank, baik transaksi internal maupun eksternal.

Di akhir acara, dibuka sesi tanya jawab bagi mahasiswa yang ingin bertanya seputar problematika Tamwil Islami yang terjadi di bank. Acara ini berlangsung lancar hingga pukul 14.00 waktu Yaman.

Bagi saya pribadi, agenda seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana melakukan transaksi di bank yang benar-benar sejalan dengan syariat Islam.

Aceh adalah bumoe (bumi) yang bersyariat. Syariat harus ditegakkan dalam berbagai aspek, baik dalam muamalat, sosial, maupun aspek lainnya. Sudah saatnya semua lembaga keuangan di Aceh menerapkan sistem keuangan syariah. Bahkan ekonomi yang kita lakoni di Aceh haruslah ekonomi syariah. Semoga bermanfaat bagi yang membaca, khususnya masyarakat yang berada di Tanoh Rincong. Sekian! Salam rindu untuk Aceh.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved