Peringati Haul Abu Panton, Ini Harapan Wabup Aceh Utara kepada Santri

Santri Dayah Malikussaleh Pantonlabu mengadakan pengajian akbar dalam rangka memperingati haul ke-6 H Tgk H Ibrahim Bardan atau Abu Panton.

Peringati Haul Abu Panton, Ini Harapan Wabup Aceh Utara kepada Santri
SERAMBINEWS.COM/JAFARUDDIN
Wabup Aceh Utara Fauzi Yusuf saat pembukaan acara haul ke-6 Tgk H Ibrahim Bardan atau yang lebih dikenal dengan sapaan Abu Panton di kompleks dayah tersebut, Senin (25/2/2019). 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Santri Dayah Malikussaleh Pantonlabu Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara mengadakan pengajian akbar dalam rangka memperingati haul ke-6 Tgk H Ibrahim Bardan atau yang lebih dikenal dengan sapaan Abu Panton di kompleks dayah tersebut Senin (25/2/2019).

Pengajian akbar tersebut diasuh oleh Dewan Masyaikh Ma'had Aly Indonesia Tgk H Hasanoel Basri atau akrab disapa Abu MUDI yang juga pimpinan Dayah MUDI Samalanga. 

Hadir dalam pengajian akbar tersebut, Wakil Bupati (Wabup), Aceh Utara Fauzi Yusuf, Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haythar, Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib, Ketua KPA Wilayah Pase Tgk Zulkarnaini Hamzah, pimpinan dayah, Muspika Tanah Jambo Aye, tokoh masyarakat serta ribuan santri. 

Wabup Aceh Utara Fauzi Yusuf saat menyampaikan sambutan menyebutkan, Pemkab Aceh Utara sangat mengapresiasi kegiatan pengajian akbar yang dilaksanakan para santri Dayah Malikussaleh dalam rangka Haul ke-6 Abu Panton.

Baca: Ribuan Santri dan Undangan Padati Dayah Mudi Samalanga, Hadiri HAUL Abon Aziz Ke 30

Baca: Santri Akan Bukukan Pemikiran Abu Panton

Baca: Sepertiga Ilmu Fikih Pergi Bersama Abu Panton

Baca: ABI LAMPISANG Sebagai Koordinator Umum Haul DR Teungku Syik Hasan Muhammad di Tiro

“Abu Panton merupakan sosok ulama kharismatik yang sangat disegani semasa hidupnya. Keilmuan agama yang dimiliki beliau patut mendapat pemuliaan,” ujar Wabup.

Sehingga nama beliau tetap tercatat dalam ingatan setiap orang di Aceh.

Selain pernah menjadi Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Abu Panton juga pernah menulis sejumlah buku dan kitab yang dapat dijadikan referensi oleh generasi muda. 

Selain itu Abu Panton adalah sosok ulama yang dekat dengan semua kalangan, bahkan pernah terlibat langsung dalam upaya perdamaian Aceh. 

“Karena itu kami mengajak para santri untuk terus memberikan kontribusinya dalam membangun daerah. Santri merupakan generasi muda islam yang lebih dalam memahami ilmu ilmu agama, oleh sebab itu sangat dibutuhkan ide dan pemikirannya dalam pembangunan Aceh Utara ke depannya,” pungkas Fauzi Yusuf. (*) 

Penulis: Jafaruddin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved