Tafakur

Potensi Diri

Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan

Potensi Diri

Oleh: Jarjani Usman

“Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash: 77).

Terkadang kita terlalu cepat menghakimi orang lain orang bodoh atau menganggap diri tak mampu. Padahal setiap orang telah diberikan potensi diri yang luar biasa oleh Allah Yang Maha Kuasa, yang tak mampu sepenuhnya diukur manusia.

Bisa jadi, yang mampu diukur hanyalah dalam bentuk angka-angka saja dalam satu bidang pada suatu ketika, tetapi di bidang lain tidak. Tak jarang juga terjadi, yang tak sukses selama sekolah, misalnya, malah menjadi pelaku bisnis luar biasa yang membantu memperkerjakan banyak orang. Demikian juga, orang yang gagal suatu waktu, belum tentu tidak berhasil di waktu-waktu lain. Bahkan tak jarang didapati, orang-orang yang sukses kini adalah orang-orang yang pernah gagal berkali-kali di masa sebelumnya.

Makanya, perlu selalu optimis dalam menghadapi diri sendiri dan orang lain. Tugas kita adalah membantu diri dan orang lain menggali potensi-potensi yang mungkin dikembangkan untuk kebaikan. Dan yang namanya tugas membantu bukan dengan kekerasan, tetapi dengan kerjasama antara yang membantu dan yang dibantu. Yang lebih penting lagi, membantu perlu disertai niat berbuat baik dengan sesama hamba karena Allah, sebagaimana Allah telah berbuat baik kepada kita.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved