Tafakur

Pelaksana Tugas

Setiap diri kita sebenarnya adalah pelaksana tugas di dunia ini. Hal ini diperjelas dalam sejumlah ayat Alquran

Pelaksana Tugas

Oleh: Jarjani Usman

“Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada Ku” (QS. adz-Dzariyat: 56).

Setiap diri kita sebenarnya adalah pelaksana tugas di dunia ini. Hal ini diperjelas dalam sejumlah ayat Alquran, seperti kita diciptakan bukan main-main, tetapi akan kembali kepada Allah (QS. Al Mukminun: 115) dan akan diminta pertanggungjawaban (QS. Al Qiyamah: 36). Bukti kita sebagai pelaksana tugas bisa dicermati dalam sejumlah ayat Alquran.

Sebagaimana disebutkan dalam perbincangan antara Allah dan Malaikat ketika mau diciptakan manusia untuk menjadi khalifah di bumi (QS. Al Baqarah: 30). Khalifah memang artinya pengganti, yang tentunya diharapkan menjadi penjaga bumi, melaksanakan dakwah, dan lain-lain.

Dalam Alquran juga disebutkan tugas manusia adalah beribadah kepada Allah (QS. adz-Dzariyat: 56). Karena itu, tugas utama ini tidak boleh abai dan asal jadi. Tetapi harus diutamakan dan dijalankan dengan hati-hati dan sungguh-sungguh, karena sangat menentukan keadaan diri kita dunia dan akhirat.

Namun demikian, sebagai insan yang dikaruniai akal dan hawa nafsu, kita berpeluang tergelincir. Untuk itu, mengingatkan satu sama lain adalah keharusan. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran: “Demi masa, sesungguhnya semua orang benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal salih, serta saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran” (QS. al-‘Ashr: 1-3).

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved