Dewantara Juara Umum MTQ

Kafilah Dewantara tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh Utara Ke-34 di Lapangan Landing

Dewantara Juara Umum MTQ
SERAMBI/JAFARUDDIN
WAKIL Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf didampingi Ketua Panitia, Tgk HM Idris menyerahkan trofi bergilir MTQ kepada Camat Dewantara yang meraih juara umum. Foto direkam Rabu (27/2) malam. 

LHOKSUKON – Kafilah Dewantara tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh Utara Ke-34 di Lapangan Landing, Kecamatan Lhoksukon, Rabu (27/2) malam. Dewantara berhasil meraih juara umum usai mendapat nilai tertinggi dari 26 kafilah lainnya.

Sementara pada MTQ Ke-33, gelar juara umum diraih Muara Batu yang diadakan di Cot Girek. Sedangkan di MTQ Ke-32, gelar juara umum menjadi milik Syamtalira Aron yang diadakan di kecamatan setempat.

Namun, dalam MTQ kali ini, kedua kafilah yang pernah meraih juara umum tersebut, berada di posisi tiga dan empat. Tropi juara diserahkan Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf didampingi Kepala Dinas Syariat Islam, Tgk HM Idris SE kepada Camat Dewantara, Fadly.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan Sekretaris Umum Dewan Hakim MTQ, Tgk Fitriadi Baharuddin, Dewantara berhasil memperoleh nilai 70. Sedangkan juara kedua yang diraih Kuta Makmur mendapatkan nilai 43. Lalu, peringkat tiga dengan poin 32 diraih Muara Batu. Sementara posisi keempat ditempati Syamtalira Aron dengan nilai 30.

Selanjutnya, Matangkuli meraih nilai 29 memperoleh juara kelima, Lhoksukon memperoleh nilai 26 mendapat juara enam. Tanah Luas diposisi ketujuh dengan nilai 20, posisi ke delapan diraih Nisam dengan nilai 18. Lalu, Jambo Aye juara sembilan dengan perolehan nilai 16. Sedangkan Cot Girek dan Baktiya mendapatkan juara 10 dengan nilai masing-masing 15. Penutupan kegiatan tersebut dihadiri ribuan warga.

Sebelum menutupnya, Wabup menyampaikan MTQ ini setidaknya bisa menumbuhkan kembali semangat masyarakat untuk peduli kepada Alquran, sekaligus memotivasi anak-anak untuk mengaji, menggali serta memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. “Alquran telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kehidupan kita,” tegas Wabup.

Ditambahkan, selama ini Pemkab Aceh Utara sudah berupaya maksimal agar setiap meunasah, masjid dan mushalla memiliki Taman Pendidikan Alquran (TPA). “Kepada juara kita berharap terus mempersiapkan diri, sehingga di MTQ tingkat provinsi yang akan datang dapat memperoleh hasil terbaik,” katanya.

Ketua Panitia MTQ, Tgk HM Idris kepada Serambi kemarin menyebutkan, semua peserta yang sudah mendapatkan juara supaya terus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi kembali guna mengikuti MTQ tingkat provinsi pada Juli mendatang di Kabupaten Pidie. Sedangkan yang belum meraih juara supaya pada even yang akan datang mampu meraih juara.

Diadakan seleksi supaya peserta yang dikirim ke tingkat provinsi adalah memang yang terbaik. Namun, biasanya mereka yang lulus seleksi adalah peserta yang meraih juara satu. “Terimakasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan acara MTQ ini. Kami berharap dukungan terus dari semua tokoh masyarakat dan Pemkab sehingga kedepan kegiatan ini dapat diadakan lebih baik lagi,” ujar Tgk Idris.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved