Embung di Bandar Baru Jebol

Hujan deras yang turun sepanjang Rabu (27/2) malam menyebabkan bangunan embung Lhok Lawah Gampong Musa Balee

Embung di Bandar Baru Jebol
SERAMBI/IDRIS ISMAIL
CAMAT Bandar Baru, Pidie Jaya, Drs H Muhammad (Kiri) bersama warga melihat secara langsung kondisi embung Lhok Lawah Gampong Musa Balee yang jebol akibat diterjang hujan deras, Kamis (28/2). 

* Petani Terancam tidak Bisa Tanam Padi

MEUREUDU - Hujan deras yang turun sepanjang Rabu (27/2) malam menyebabkan bangunan embung Lhok Lawah Gampong Musa Balee, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya jebol sepanjang 12 meter. Kondisi itu akan mempersulit para petani menanam padi pada musim tanam dengan luas area sawah sekitar 124 hektare lebih.

Lahan produktif milik warga di pedalamam kecamatan itu terancam tidak dapat ditanami padi. “Luas secara keseluruhan embung itu mencapai 300 meter persegi, namun akibat hujan deras, 12 meter bagian tanggul penahan air jebol, “sebut Tgk Aiyub Cut (58), Kamis (28/2).

Dia menjelaskan tanggul jebol telah menyebabkan ribuan petani dari empat desa yaitu Iboih, Blang Leupie, Balee sampai Blang Trieng yang mengelola lahan seluas 140 ha menjadi kesulitan memperoleh air.

Dikatakan, pemerintah harus segera memperbaiki embung yang jebol itu, sehingga area sawah kembali dapat dialiri air. “Jika tidak segera diperbaiki, maka para petani menjadi kesulitan melakukan penanaman padi pada musim tanam ini maupun berikutnya,” ujarnya.

Sedangkan Camat Bandar Baru, Drs H Muhammad kepada mengatakan atas laporan masyarakat ini, pihaknya segera menyampaikan laporan secara resmi ke kabupaten guna dapat ditindaklanjuti. “Embung yang jebol itu memiliki fungsi yang sangat besar dalam mensuplai air ke lahan pertanian masyarakat,” sebutnya.

Dia menjelaskan kawasan pertanian di empat ganpong tersebut merupakan lahan produktif dan pihak kecamatan berharap ada penanganan segera dalam beberapa hari mendatang. Disebutkan, hal itu berdasarkan kepentingan ribuan para petani.

“Tak hanya itu saja, akibat hujan deras semalam juga menyebabkan talud tali air di Gampong Musa Baroh yang dikerjakan melalui dana gampong juga ikut jebol,”katanya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved