Lanud SIM Pamerkan Alutsista

Bagi Anda yang belum memiliki agenda akhir pekan, dua hari ini, Sabtu dan Minggu (2-3/3), Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM)

Lanud SIM Pamerkan Alutsista
Siswa menaiki panser Anoa mengelilingi Lapangan Blangpadang, Banda Aceh pada acara pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimilki oleh TNI, Sabtu (6/10). Pameran Alutsista ini dalam rangka memperingati HUT Ke-73 TNI dan berlangsung selama dua hari mulai 6 hingga 7 Oktober 2018. 

BANDA ACEH - Bagi Anda yang belum memiliki agenda akhir pekan, dua hari ini, Sabtu dan Minggu (2-3/3), Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, akan memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud SIM.

Acara ‘SIM Open Base’ itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI AU. Kegiatan itu terbuka bagi masyarakat Aceh, yang ingin menyaksikan lebih dekat alusista TNI AU.

Dari sejumlah alutsista yang akan dipamerkan itu di antaranya, pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Lalu Helikopter SA-330 Puma Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, Bogor, dan Pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. “Kegiatan open base yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, tanggal 2 dan 3 Maret 2019 itu, dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat Aceh yang ingin menyaksikannya lebih dekat,” kata Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief H SSos.

Di samping itu, pada acara ‘SIM Open Base’ itu juga akan diadakan static show alutsista TNI AU, lomba ranking 1 yang diikuti sekolah dasar yang terpilih panitia, atraksi paramotor binaan Lanud SIM, lomba mewarnai anak-anak, flypass pesawat tempur F-16 fighting falcon. Lalu joy flight helikopter SA-330 Puma, bazar UMKM Provinsi Aceh, airplane simulator, donor darah, marching band, lomba fotografi, air force run, dan fun bike serta demo SAR Kompi Senapan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh serta masih sejumlah kegiatan lainnya.

Kolonel Hendro Arief menjelaskan, kegiatan seperti itu merupakan salah satu cara TNI AU, khususnya Lanud SIM memperkenalkan kepada masyarakat. Dimana selain melihat alutsista TNI AU, juga dapat melihat olahraga dirgantara, berupa paramotor dan sehat bersama melalui kegiatan lari dan sepeda santai.

“Khusus untuk air force run, telah ada hadiah menarik yang menunggu bagi sepuluh pelari pertama yang berhasil memasuki garis finish. Khusus bagi pelari pertama, kedua, dan ketiga yang memasuki garis finish lebih akan mendapatkan hadiah tambahan uang pembinaan dan medali,” sebut Danlanud.

Kemudian untuk bazar UMKM, lanjutnya, panitia telah bekerja sama dengan 70 usaha mikro, kecil, dan menengah dengan produksi lokalnya yang akan meramaikan stan-stan open base 2019 ini. “Salah satu tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan usaha lokal masyarakat agar lebih dicintai. Hanya dengan membayar biaya parkir saja, para pengunjung mendapatkan tiket doorprize yang telah menanti hadiah-hadiah menarik untuk dimenangkan,” pungkas Danlanud SIM.

Open base yang merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-73 TNI AU yang dibuka untuk umum itu juga dijadikan momen kebersamaan dan keakraban antara TNI AU dengan masyarakat Aceh. Lalu berolahraga bersama serta berbagi pengetahuan kedirgantaraan untuk mengembangkan potensi-potensi kedirgantaraan yang terdapat di wilayah Aceh.(mir)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved