Menteri Agraria Serahkan Sertifikat

Menteri Agraria/Kepala Badan Pertanahan dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil, Rabu (27/2) petang menyerahkan 3.779 bidang atau persil tanah

Menteri Agraria Serahkan Sertifikat
Ilustrasi 

* Gedung Baru BPN Pijay Diresmikan

MEUREUDU - Menteri Agraria/Kepala Badan Pertanahan dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil, Rabu (27/2) petang menyerahkan 3.779 bidang atau persil tanah yang sudah disertifikasi. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 10 warga.

Pada hari yang sama, Sofyan A Djalil juga meresmikan gedung baru Kantor BPN Pijay di Komplek Pemerintahan Pijay di Cot Trieng Kecamatan Meureudu. Sertifikat yang diserahkan meliputi 2.750 persil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 1.113 persil tanah redistrasi, 15 persil tanah pemkab serta 81 persil lainnya adalah tanah wakaf.

Untuk peresmian gedung baru ditandai dengan pengguntingan pita dan usai penyerahan sertifikat, Sofyan A Djalil didampingi Wabup Pijay, H Said Mulyadi dan rombongan mengunjungi Dayah Darul Munawwarah-Ulee Gle Kecamatan Bandardua bersilaturrahmi dengan Abu Kuta Krueng.

Sofyan A Djalil, dalam sambutannya menyebutkan penertiban sertifikat sebagai bukti sah hak atas tanah adalah salah satu bukti begitu besarnya perhatian pemerintah terhadap masyarakat. “Masyarakat di gampong-gampong termasuk Aceh harus mengetahui bahwa sertifikat sangat berguna,” ujarnya, seraya menambahkan saat ini sertifikat dinilai masih kurang bermakna.

Tapi harus diyakini, suatu saat sertifikat itu sangat berguna, seperti halnya di kota-kota besar terutama Jakarta, karena harga tanah luar biasa mahal dan sertifikat amat penting. Pemerintah RI, lanjut Menteri Agraria, akan terus mengeluarkan sertifikat tanah kepada rakyat dan warga diminta agar tidak meragukan tanahnya diurus sertifikat.

Sementara Kepala BPN Aceh, Saiful SP, MH dalam laporannya antara lain menyebutkan, target pembuatan sertifikat tanah tahun 2019 ini sekitar 7.000 bidang atau persil. Wabup Pijay, H Said Mulyadi, dalam sambutannya menyambut baik upaya BPN mengeluarkan sertifikat tanah kepada warganya.

Kepala BPN Pijay, Husaini Abdussamad SH MH mengatakan ke 3.779 persil tanah yang sertifikatnya sudah keluar merupakan hasil proses yang dilakukan tahun 2018 lalu.

Ditanya besarnya biaya setiap bidang atau persil yang harus dibayar pemilik tanah, Husaini dengan tegas menyebutkan bahwa, semua itu gratis alias tanpa bayar. “Itu sertifikat gratis atau tidak bayar,” kata Kepala BPN. Dia juga meminta kepada penerima sertifikat untuk melapor jika ada pihak yang mengutip dana.

Usai menyerahkan sertifikat tanah, Menteri Agraria didampingi Wbup Pijay, Said Mulyadi, Kepala BPN Aceh dan Kepala BPN Pijay, meresmikan gedung baru BPN Pijay. Gedung lama ambruk saat gempa yang melanda kabupaten tersebut akhir tahun 2016 lalu.

Setelah itu, menteri dan wabup serta rombongan menuju Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng-Ulee Gle Kecamatan Bandardua bersilaturrahmi dengan Tgk H Usman Ali (Abu Kuta Krueng) ulama kharismatik serta parasantri.(ag)

penyerahan sertifikat gratis
* Sebnayak 3.779 Bidang atau persil tanah
* Meliputi 2.750 persil PTSL
* 1.113 Persil tanah redistrasi
* 15 Persil tanah pemkab
* 81 Persil tanah wakaf

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved