Polisi Diminta Usut Proyek Pembangunan Irigasi

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Barat Selatan Aceh meminta aparat kepolisian dan kejaksaan untuk mengusut

Polisi Diminta Usut Proyek Pembangunan Irigasi
FOR SERAMBINEWS.COM
Kondisi Saluran Irigasi di kawasan Desa Alue Jang, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya yang baru dibangun tapi dikeluhkan masyarakat akibat ada kerusakan 

* Diduga Dikerjakan Asal Jadi

CALANG – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Barat Selatan Aceh meminta aparat kepolisian dan kejaksaan untuk mengusut pengerjaan proyek irigasi yang ada di Aceh Jaya. Pasalnya, banyak laporan masyarakat yang menyebutkan bahwa pengerjaan proyek yang menggunakan dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun 2018 tersebut dibangun asal jadi karena sudah rusak dan roboh sebelum rampung.

“Pengerjaan proyek irigasi empat titik di Aceh Jaya, kami duga ada indikasi penyelewengan. Salah satunya yang dibangun di kawasan Desa Alue Jang, Kecamatan Pasie Raya. Irigasi tersebut sudah hancur dan tidak bisa memberi manfaat untuk masyarakat setempat,” jelas Hamdani, Koordinator YARA wilayah Barat Selatan Aceh kepada Serambi, Jumat (1/3). “Makanya, kita meminta kepada instansi penegak hukum untuk segera turun tangan dalam hal ini. Tujuannya untuk memeriksa apakah bangunan yang dikerjakan tersebut sudah sesuai dengan perencanaan,” imbuhnya.

Hamdani menyebutkan, pembangunan 17 irigasi di Aceh Jaya menelan anggaran mencapai Rp 30 miliar. Tapi, hasilnya sangat jauh dari harapan masyarakat setempat, karena belum sempat digunakan sudah rusak duluan. “Kami akan mengawasi permasalahan ini. Kami minta penegak hukum segera memanggil pihak rekanan,” tukasnya.

Selain penegak hukum, tukas dia, YARA juga mendesak DPRA dan DPRK Aceh Jaya untuk terjun langsung ke lapangan guna melihat proyek irigasi tersebut sebagai bagian dari fungsinya sebagai lembaga pengawasan. “Ini harus benar-benar diawasi karena kami menduga ada indikasi kerugian negara yang cukup besar dalam proyek ini,” tandasnya.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved