Luar Negeri

Tembakan Meriam Pakistan dan India Jatuh Korban, Tentara, Anak-anak dan Ibu Meninggal

Dilaporkan Al Jazeera, pertempuran itu berlangsung mulai Jumat malam (1/3/2019) hingga Sabtu pagi (2/3/2019) waktu setempat

Tembakan Meriam Pakistan dan India Jatuh Korban, Tentara, Anak-anak dan Ibu Meninggal
(REUTERS/THE INDEPENDENT)
Pasukan militer India membawa kotak perlengkapan di dekat wilayah Kashmir yang disengketakan dengan Pakistan. 

SERAMBINEWS.COM - Ketegangan antara Pakistan dan India kembali meningkat dengan tentara kedua negara dilaporkan baku tembak di Kashmir.

Dilaporkan Al Jazeera, pertempuran itu berlangsung mulai Jumat malam (1/3/2019) hingga Sabtu pagi (2/3/2019) waktu setempat.

Menurut keterangan pejabat kedua negara, kontak senjata tersebut dikabarkan menewaskan lima orang warga sipil serta dua tentara.

Baca: India Minta Pakistan Bebaskan Pilot Jet Tempurnya yang Ditembak Jatuh 

Dari wilayah Kashmir India, ibu dan dua anaknya tewas setelah meriam yang ditembakkan Pakistan jatuh di rumah mereka di Region Poonch dekat garis perbatasan.

Sementara sang ayah, menurut keterangan polisi, mengalami luka parah dan dilarikan ke rumah sakit untuk menerima perawatan.

Kemudian di wilayah Kashmir Pakistan, dua orang yang merupakan anak-anak serta pria dewasa tewas terkena meriam India di Nakiyal.

Pejabat rumah sakit Nasrullah Khan menjelaskan, selain korban tewas, terdapat laporan seorang pria terluka di daerah Tatta Pani.

Dari militer Pakistan, sebuah keterangan resmi menyatakan dua prajuritnya tewas di Nakiyal ketika menargetkan pos India yang menyerang warga sipil.

Baca: VIDEO - Pesta Pernikahan Berubah Jadi Baku Hantam di India, Hanya Gara-gara Kari Kambing

Badan Hubungan Publik (ISPR), sayap media militer Pakistan dikutip CNN mengatakan, kedua tentara itu diidentifikasi bernama Abdur Rub dan Naik Khuram.

ISPR melanjutkan, mereka mengklaim terdapat korban dari pihak pasukan India dengan pos perbatasan mengalami kerusakan.

Baku tembak itu terjadi tak lama setelah Pakistan melepaskan pilot jet tempur India yang tertangkap di Kashmir pada Rabu (27/2/2019).

Komandan Abhinandan Varthaman melontarkan diri dari pesawat MiG-21 setelah ditembak jatuh dan sempat dipukuli warga sekitar.

Kedua negara mengalami ketegangan dalam dua pekan terakhir setelah bom bunuh diri yang menimpa konvoi paramiliter India di Kashmir pada 14 Februari.

Serangan yang diklaim kelompok Jaish-e-Mohammed (JeM) itu menewaskan 40 paramiliter, dengan Delhi menyalahkan Pakistan.(*)

Baca: Pakistan dan India Mulai Saling Serang, Dua Jet Tempur Jatuh Ditembak

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Konflik Pakistan Vs India: Tentara 2 Negara Kembali Baku Tembak di Kashmir

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved