Haba Dinkes Aceh

Gerakan Pencegahan Stunting Dideklarasikan

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan, Minggu (3/3) pagi ini akan mendeklarasikan gerakan pencegahan stunting

Gerakan Pencegahan Stunting Dideklarasikan
TRIBUNNEWS.COM
stunting 

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan, Minggu (3/3) pagi ini akan mendeklarasikan gerakan pencegahan stunting (Gerakan Geunting). yang dipusatkan di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh.

Kepala Bidang Kesehatan (Kesmas), Drg Evi Safrida MKes mengatakan, Gerakan Geunting itu merupakan sebuah gerakan yang dilaksanakan untuk pencegahan dan penanganan angka stunting di Aceh.

Melalui Deklarasi itu, Pemerintah Aceh ingin mengajak pihak pemerintah pusat, hingga kabupaten/kota bersinergi dalam melakukan pencegahan stunting. Karena Indonesia maupun Aceh khususnya termasuk sangat tinggi angka stunting.

Kegiatan pendeklarasian itu juga seiring dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pencegahan stunting di Aceh. Sehingga kedepan, pemerintah dan dinas kesehatan sebagai leader akan semakin memprioritaskan program pemcegahan stunting.

Menurut Evi, kedepan yang akan dilakukan pemerintah adalah memberikan edukasi tentang pecegahan stunting serta mendampingi ibu ibu hamil hingga saat membesarkan bayi. Sehingga dalam deklarasi hari ini, juga akan digelar pameran sebagai ajang edukasi.

Ia menambahkan bahwa saat ini angka stunting untuk bayi di bawah dua tahun (batuta) sangat tinggi yaitu mencapai 37,9 persen, melebihi angka nasional sebanyak 30,8 persen. Namun emskipun begitu, berdasarkan data WHO secara ekseluruhan angka stunting tetap tinggi, sehingga dimutuhkan gerakan bersama dan program jangka panjuang untuk penanganannya.

Terdapat berbagai kegiatan untuk mendukung deklarasi itu, mulai gowes, deklarasi, edukasi, pameran hingga talkshow. Terdapat sejumlah profesor ahli gizi yang dibawa oleh Kementerian Kesehatan RI ke Aceh hari ini, mereka akan berbagi ilmu tentang gizi dan penanganan stunting.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved