Pekan Amliyatu at-Tadris di Dayah Insan Qurani, Santri Kelas Akhir Wajib Mengajar Selama Seminggu

Koordinator musyrif/mentor Ustaz Saifullah Syihab Lc MA mengatakan penampilan para peserta amaliyah tadris di luar prediksi.

Pekan Amliyatu at-Tadris di Dayah Insan Qurani, Santri Kelas Akhir Wajib Mengajar Selama Seminggu
For Serambinews.com
Santri kelas akhir Dayah Insan Qurani (IQ) Aceh Besar, mengikuti kegiatan praktek mengajar dalam rangka Pekan Amliyatu at-Tadris, akhir Februari 2019. 

Pekan Amliyatu at-Tadris di Dayah Insan Qurani, Santri Kelas Akhir Wajib Mengajar Selama Seminggu

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dayah Insan Qurani (IQ) Aceh Besar, melaksanakan Pekan Amliyatu at-Tadris atau program latihan bagi santri tahun terakhir.

Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu, Kamis (21/2/2019) hingga Rabu (28/2/2019).

Selama sepekan itu para santri kelas akhir (kelas 3 aliyah) diwajibkan mengajar ke kelas-kelas junior mereka, dengan menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, sesuai dengan pilihan para santri.

"Program amaliyatu at-tadris merupakan program latihan bagi santri tahun terakhir di Dayah Insan Qurani (kelas 6 atau setara dengan kelas 3 aliyah) sebagai bekal bagi para santri agar kelak mereka dapat dengan baik dan efektif," ujar Pimpinan Dayah IQ, Ustaz Muzakkir, SAg pada saat penutupan kegiatan tersebut, Sabtu (2/3/2019) malam di Dayah tersebut.

Ia mengatakan, program praktik mengajar ini diawasi dan dievaluasi langsung oleh mentor serta santri lainnya yang ikut mendampingi.

"Di akhir program, mereka akan diberikan nilai sesuai dengan performa mereka dalam merencanakan, menyusun, mengajar, sampai mengevaluasi kelas," lanjut Ust. Muzakkir seperti dirilis siaran pers Humas IQ, Muhammad Nasril, Lc. MA.

Baca: MA Insan Qurani, MTsN Model, dan MIN 27 Aceh Besar Juara Umum FITAS 2019 di Pesantren Abu Lam U

Sebelum kegiatan dilakasanakan, para santri mendapat pembekalan terlebih dahulu dari pimpinan dayah dan praktisi pendidikan dari kalangan akademisi.

Kemudian dilanjutkan pembinaan intensif oleh para mentor dari kalangan ustaz dan ustazah senior Dayah Insan Qurani.

Pembinaan meliputi penyusunan materi, tahapan mengajar, teknik menghadapi santri-santri yang bermasalah, sampai pada etika berpakaian untuk seorang guru.

Halaman
123
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved