Pemkab Aceh Besar akan Bangun Kembali Embung Lamteh di Leupung

Sumber air bersih ini dapat dinikmati oleh masyarakat tiga gampong dari enam gampong di Leupung.

Pemkab Aceh Besar akan Bangun Kembali Embung Lamteh di Leupung
For Serambinews.com
Bupati Aceh Besar Mawardi Ali (tengah) saat meninjau Embung Lamteh di Kecamatan Leupung, Aceh Besar, Minggu (3/3/2019). 

Pemkab Aceh Besar akan Bangun Kembali Embung Lamteh di Leupung

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan melakukan revitalisasi (membangun kembali) Embung Lamteh, Kecamatan Leupung.

“Embung yang sudah ada ini akan kita revitalisasi dengan pembangunan saluran tersier, agar sawah masyarakat dapat kembali bisa digunakan," kata Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, seperti dikutip siaran pers Media Center Pemkab Aceh Besar kepada Serambinews.com, Rabu (3/3/2019).

Dikatakan, Bupati Aceh Besar sudah meninjau langsung Embung Lamteh pada, Minggu (3/3/2019).  

Mawardi Ali mengatakan, dengan adanya revitalisasi saluran tersier Lamteh, nantinya sawah Blang Srang dapat dimanfaatkan kembali.

Baca: Lanud Sultan Iskandar Muda Gelar Lomba Rangking 1, Kadisdikbud Aceh Besar Beri Apresiasi

Karena, selama ini saluran tersier dari Embung Lamteh tidak ada sawah masyarakat dan sudah beralih fungsi menjadi perkebunan.

"Blang Srang dulunya sawah terbaik di kemukiman Leupung dan tentu dengan pembangunan saluran tersier nantinya area sawah ini bisa kembali lagi dimanfaatkan," ujarnya.

Sumber air bersih ini dapat dinikmati oleh masyarakat tiga gampong dari enam gampong di Leupung, yakni gampong Meunasah Bak U, Meunasah Mesjid, dan Lamseniya.

Baca: Pemkab Aceh Besar Jalankan Program Satu Gampong Satu Hafidz

"Iya, program air bersih Leupung pernah juga dibantu oleh PT LCI (semen Andalas) pada 2018 dengan anggaran sebesar Rp 500 juta," ungkap Mawardi.

Bupati Aceh Besar menegaskan program air bersih di kecamatan Leupung nanti dianggarkan pada tahun 2020 yang akan dimasukkan dalam anggaran Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2020.

"Alu Ie Jo ini merupakan sumber air yang baik, karena tidak terkontaminasi dari percemaran lingkungan dan bisa menjadi alternatif baru untuk sumber air bersih di Aceh Besar," tutup Mawardi Ali.

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved