BPPT-BPKS Bahas Potensi Pengembangan Teluk Sabang

Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang pimpin Direktur Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim

BPPT-BPKS Bahas Potensi  Pengembangan Teluk Sabang
(DOK.BPKS/Google Maps)
Kolase foto dermaga BPKS Sabang dan peta Pulau Weh (Sabang). 

SABANG - Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang pimpin Direktur Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim (PTRIM), Dr Ir Taufiq Arif Setyanto MSc, melakukan kunjungan lapangan ke Sabang, Selasa (5/3).

Dalam kunjungan itu, Tim BPPT melakukan pertemuan dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk membahas pengembangan dan potensi teluk Sabang dimasa akan datang.

Plt Kepala BPKS, Razuardi melalui Deputi Teknik Pengembangan dan Tata Ruang, Fauzi Umar, kepada Serambi, kemarin mengatakan, teluk Sabang akan dijadikan sebagai pintu gerbang destinasi wisata bahari internasional. “Ini salah satu hasil Sail Sabang 2017. Potensi ini dilihat dari semakin meningkatnya kunjungan-kunjungan dan transit kapal cruise, mega-yacht dan yacht ke pelabuhan BPKS Sabang selama ini,” katanya.

Untuk pengembangan tersebut, kata Fauzi, diperlukan kajian baik dari aspek teknis, sosial, maupun secara ekonomi agar dijadikan referensi dalam pengembangan ke depan tanpa melupakan khittah utama sebagai pelabuhan bebas dan perdagangan bebas Sabang sebagaimana bunyi Undang-undang Nomor 37 tahun 2000 dan Undang-undang Nomor 11 tahun 2006.

Fauzi menyatakan, kegiatan ini dilakukan menindaklanjuti Memorandum of Understand (MoU) Nomor: 58/KB/BPPT-BPKS/10/2017 antara BPPT dan BPKS pada saat Seminar Internasional Sami Uto ke-4 di Gedung Utama BPPT yang turut disaksikan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT.

Selain bertemu manajemen BPKS, lanjut Fauzi, pihak BPPT juga melakukan pertemuan dengan pihak Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang disambut oleh Wakil Rektor IV, Dr Ir Hizir MSc.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved