Tafakur

Membuat Perhitungan

Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina

Membuat Perhitungan

Oleh: Jarjani Usman

“Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, bekerja keras lagi kepayahan, memasuki api yang sangat panas (neraka), diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas. Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar” (QS. Al Ghasyiyah: 1-7).

Dahsyatnya pertarungan politik di negeri ini membuat banyak orang lupa menghitung untung rugi dari setiap perbuatannya. Caci maki dan kabar bohong terus diproduksi dan disebar luas, sehingga menghasilkan beragam dosa yang tak terhingga. Padahal sangat penting menghitung untung rugi dari setiap perbuatan di dunia ini.

Apalagi ada hari pembalasan di akhirat kelak, yang dimulai dengan perhitungan amal setiap insan, tanpa kesilapan sedikitpun. Timbangan amal itu sangat berkaitan dengan pertimbangan untung rugi sewaktu masih hidup di dunia. Makanya setiap insan yang sudah mendapat hidayah, akan sengaja memilih perbuatan-perbuatan yang menguntungkan untuk kehidupan akhirat, walaupun berada di antara banyak orang yang lalai dalam kisruh politik yang dahsyat. Termasuk juga menghindari perbuatan-perbuatan yang merusak dan bahkan menghanguskan amal.

Bila amal tiada dan bahkan minus, maka kehidupan akhirat yang sangat menyengsarakan akan dirasakan. Kehinaan, rasa lapar dan haus yang tiada bandingnya, serta keremukan tulang-tulang akan menghiasi hari-hari di neraka.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved