Pijay Negerikan Enam TK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) menegerikan enam Taman Kanak-kanak (TK) dalam lingkup

Pijay Negerikan Enam TK
SERAMBI/IDRIS ISMAIL
BUPATI Pidie Jaya, H Aiyub Abbas (Dua kanan) menandatangani prasasti penegerian enam sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang dipusatkan di TK Bungong Seulanga 2 Meurah Dua, Rabu (13/3). 

* Anggaran dari DAK 2019

MEUREUDU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya (Pijay) menegerikan enam Taman Kanak-kanak (TK) dalam lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang dipusatkan di TK Bungoeng Seulanga 2, Kecamatan Meurah Dua, Rabu (13/3) pagi.

Keenam TK yang ditingkatkan statusnya dari swasta menjadi negeri oleh Bupati Pijay, H Aoyub Abbas. Masing-masing TK Negeri Bungoeng Seulanga 2 Meurah Dua, TK Negeri Bungong Seulanga Meureudu, TK Negeri Pembina Meurudu, TK Negeri At Taqarrub Trienggadeng, TK Negeri Paya Pisang Klat Bandar Dua, dan TK Negeri Tgk Chik Blang Kuta Bandar Dua.

“Pendidikan anak sejak usia dini menjadi tanggungjawab bersama, baik pemerintah, guru dan orangtua, maka semua pihak harus menjalin komunikasi yang baik dalam proses kelanjutan pendidikan anak-anak,” katanya.

Menurut Bupati Pijay itu, setiap anak haruslah dididik dengan kasih sayang, agar terbentuk karakter yang baik dalam membentengi segala efek negatif menjelang pendidikan tingkat lanjutan. Dia mengatakan dalam penerapan pendidikan tingkat awal harus menggunakan metode dan teknik yang bijak dan ari, selain penuh perhatian dan kasih sayang.

Dia mengatakan pendidikan di TK adalah salah satu wadah, tempat dan ruang bagi anak usia dini untuk berekspresi, bereksplorasi dan kebersamaan dalam berbagai kegiatan. “Saya yakin, anak yang dididik dengan pola yang baik, kelak menjadi pemimpin bangsa yang lebih amanah dalam menjalankan roda pemerintahan,” jelasnya.

Aiyub Abbas mengharapkan seluruh guru TK di Pijay agar dapat menerapkan kegiatan pembelajaran yang seimbang antara bimbingan guru dengan inisiatif anak. Dikatakan, penerapan pembelajaran dengan dukungan pengembangan minat, potensi dan kekuatan anak, akan dapat menghasilkan kreativitas seorang anak didik.

Dia mencontohkan, bermain dipandang sebagai kerja, sehingga anak diberi kesempatan untuk memulai pengembangan ide dan gagasan. “Ini akan memotivasi dalam menyelesaikan hasil karyanya,”ujarnya.

Sedangkan Kepala Disdikbud Pijay, Saiful Rasyid MPd secara terpisah kemarin mengatakan, hingga saat ini telah menegerikan sembilan TK dari 70 TK yang tersebar di delapan kecamatan. “Sebelumnya tiga TK dan tahun ini enam TK menjadi negeri yang dilakukan berdasarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Perbub,” jelasnya.

Dia berharap pengelola untuk menyempurnakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), sehingga pemerintah dapat mengucurkan dana operasional kelanjutan terhadap pendidikan di usia dini ini. “TK bagian penting dalam membangun pendidikan di Pijay, jadi perlu dukungan semua pibak,” harapnya.

Sementara itu, kepala BP PAUD Aceh, As’ayari MA mengatakan, penergerian ini sangat penting dalam mendukung pendidikan, sehingga pengelola harus melengkapi berbagai kebutuhkan, sehingga pemerintah dapat menyalurkan dana secara tepat sasaran. “Penegerian ini akan menjamin kelangsugan pendidikan anak usia dunia, dari 1 sampai 6 tahun,” katanya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved