Tafakur

Menjaga Persatuan

Setiap hari orang-orang di negeri Palestina harus berjuang keras untuk menyelamatkan diri

Menjaga Persatuan

Oleh Jarjani Usman

“Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seperti satu bangunan, sebagiannya menguatkan yang lainnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setiap hari orang-orang di negeri Palestina harus berjuang keras untuk menyelamatkan diri, keluarga dan hartanya. Tak jarang terjadi, saat sedang beristirahat bersama keluarga di rumah, tiba-tiba datang tentara Zionis memaksa mereka keluar dan merampas tanah dan bangunan rumah di atasnya. Sungguh menyakitkan. Tapi suasana menyedihkan itu bukan hanya terjadi di sana, di negeri kita juga sangat berpeluang, terutama bila tak menjaga persatuan.

Harus diakui persatuan di negeri kita sering mengalami pelemahan. Usaha pelemahan itu terus-menerus terjadi di berbagai bidang. Banyak di antara kita saling menyerang, membenci dan menyalahkan, yang tentunya sangat menggerogoti persatuan. Bukan tidak mungkin, tensinya meningkat tajam suatu waktu dan meledak menjadi peperangan.

Pengalaman di berbagai negara menunjukkan bahwa peperangan menimbulkan kehancuran, baik di pihak yang kalah maupun pihak yang menang. Istilahnya, kalah jadi abu, menang jadi arang. Dan memulihkan keadaan pascaperang membutuhkan waktu lama, dan tenaga serta uang yang tak sedikit. Belum lagi bila peperangan itu sengaja dipelihara oleh pihak lain, agar kita semakin melemah dan bergantung pada mereka. Bila sudah begini, kita akan menjadi babu di rumah sendiri.

Makanya, kita diwajibkan untuk menjaga ukhuwah untuk menyelamatkan persatuan. Semua itu membutuhkan usaha dan doa.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved