Pemerintah Tetapkan BPIH

Ongkos naik haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk tiap Calon Jamaah Haji (CJH) embarkasi Aceh

Pemerintah Tetapkan BPIH
Kolase/IST
HM Daud Pakeh 

* Embarkasi Banda Aceh Rp 30.881.010/Jamaah

BANDA ACEH - Ongkos naik haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk tiap Calon Jamaah Haji (CJH) embarkasi Aceh tahun 1440H/2019M sebesar Rp 30.881.010 per orang. Biaya haji tersebut merupakan termurah se-Indonesia, sedangkan BPIH tertinggi berasal dari embarkasi Makassar yaitu Rp 39.207.741 per jamaah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, Drs HM Daud Pakeh, dalam siaran pers yang diterima Serambi, Kamis (14/3), berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M yang baru diterbitkan Kamis (14/3).

“Dalam Keppres yang ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta itu selain dirincikan besaran BPIH untuk embarkasi Aceh, juga dirincikan besaran biaya CJH dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk 12 embarkasi lainnya di Indonesia. Dan Aceh termurah biaya penyelenggara ibadah hajinya,” kata Daud Pakeh.

Ia mengatakan, setelah Keppres tersebut dikeluarkan, maka tahapan selanjutnya adalah pelunasan BPIH. Terkait hal tersebut, Daud Pakeh mengaku masih menunggu Keputusan Menteri Agama dan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang mengatur teknisnya.

Namun, berdasarkan informasi yang disampaikan Direktur Pengelolaan Dana Haji, Maman Saepulloh di Jakarta mengatakan bahwa pelunasan tahap pertama akan berlangsung mulai 19 Maret sampai 15 April 2019, dan tahap kedua mulai 30 April hingga 10 Mei 2019.

“BPIH disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH, baik secara tunai atau non teller,” jelas Daud Pakeh.

Sementara Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H Samhudi SSi menambahkan bagi CJH yang berhak melakukan pelunasan pada musim haji tahun ini sudah dapat mempersiapkan diri. Selain pelunasan ke bank-bank penerima BPIH, juga melakukan pemeriksaan istitha’ah kesehatan.

“Sedangkan untuk pengurusan visa juga didahulukan dengan rekam biometrik yang jadwalnya dikoordinasikan oleh pihak VFS Tasheel Aceh dengan Kankemenag kabupaten/kota,” katanya.(una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved