Droe Keu Droe

Terapkan Pelajaran Bahasa Keluwat di SD Aceh Selatan

SUKU Keluwat merupakan suku yang keberadaannya hanya ada di beberapa kecamatan di Aceh Selatan

Terapkan Pelajaran Bahasa  Keluwat di SD Aceh Selatan
DOK/DISDIKPORA BIREUEN.
Sebanyak 96 murid Sekolah Dasar (SD) di Bireuen, mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SD Se-Kabupaten Bireuen, di SD Negeri 12 Bireuen, Cot Gapu, Sabtu (2/3/2019). 

SUKU Keluwat merupakan suku yang keberadaannya hanya ada di beberapa kecamatan di Aceh Selatan. Rata-rata keberadaannya hanya ada di Kecamatan Kluet Timur, Kluet Tengah, dan sebagian di Kluet Selatan, Kluet Utara, dan Pasie Raja.

Bahasa pengantar yang digunakan sehari-hari sebagian masyarakat Suku Keluwat masih menggunakan Bahasa Keluwat dan sebagian lainnya telah menggunakan bahasa kedua dengan meninggalkan bahasa ibu, yaitu Bahasa Keluwat. Ini disebabkan pengaruh globalisasi, perkembangan teknologi, perkawinan, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hilangnya keberadaan Bahasa Keluwat, saya sangat berharap kepada Bapak Bupati Aceh Selatan agar dapat menerapkan Bahasa Keluwat sebagai satu mata pelajaran yang dipelajari siswa Sekolah Dasar (SD) di Aceh Selatan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sangat berperan penting dalam menjaga keberadaan Bahasa Keluwat. Oleh karena itu, berkenanlah melakukan berbagai upaya dalam menjaga keberadaan Bahasa Keluwat agar tidak sampai punah. Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Rahman Mahlil, M.Pd
Relawan Akar Muda Aceh Selatan
Email: rahmanklut@gmail.com

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved