Banjir Bandang di Papua

4.150 Orang Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Sentani

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho menyampaikan terdapat 4.150 pengungsi akibat bencana banjir bandang

4.150 Orang Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Sentani
TRIBUNNEWS/GITA IRAWAN
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho menyampaikan perkembangan terakhir bencana banjir bandang di Sentani Jayapura, Minggu (17/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

SERAMBINEWS.COM - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugorho menyampaikan terdapat 4.150 pengungsi akibat bencana banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua.

Sutopo mengatakan, pengungsi tersebut saat ini tersebar di enam titik.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers terkait penanganan bencana banjir bandang di Sentani Jayapura H+1 di Graha BNPB Jakarta Timur pada Minggu (17/3/2019) pukul 16.00 WIB.

"Jumlah pengungsi 4.150 orang pengungsi di enam titik pengungsian yakni, 1.450 di Komplek Perumahan Gajah Mada Sentani, 1.000 orang di rumah Dinas Bupati Jayapura, 600 orang di Komplek BTN Bintang Timur Sentani, 700 orang di Sekolah HIS Sentani, 200 orang di Kantor Bupati Jayapura, dan 200 orang di Doyo," kata Sutopo.

Ia mengatakan, jumlah pengungsi tersebut fluktuatif. "Itu karena ada yang kembali ke rumah untuk melakukan perbaikan. Karena banjir sebagian besar sudah surut," kata Sutopo.

Ia mengatakan, saat ini fokus utama penanganan bencana di sana adalah evakuasi pencarian dan penyelamatan korban yang dilakukan oleh tim SAR gabungan baik oleh BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, SKPD di sana, dan relawan.

Baca: Jadwal Debat Cawapres Maruf Amin dan Sandiaga Uno Mulai Pukul 20.00 WIB, Ini Alur Debat

"Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan di daerah terdampak. Posko didirikan untuk memudahkan koordinasi. Sebagian bantuan disalurkan kepada masyarakat terdampak," kata Sutopo.

Ia mengatakan, masa tanggap darurat pertama ini ditetapkan selama 14 hari terhitung mulai hari ini, Minggu (17/3/2019).

Baca: Live Streaming Final Swiss Open 2019, 2 Wakil Indonesia Fajar/Rian dan Rinov/Pitha Menuju Juara

Ia mengatakan, BNPB akan mendampingi Pemda khususnya BPBD Jayapura untuk aktifasi posko.

Halaman
12
Editor: Fatimah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved