Kemenag Adakan Bimbingan Pernikahan

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh meluncurkan program bimbingan pernikahan

Kemenag Adakan Bimbingan Pernikahan
SYEIKH H Hasanoel Bashri HG atau lebih dikenal Abu Mudi melakukan ijab kabul dengan seorang linto baro dalam nikah massal di Dayah MUDI Mesra Samalanga, Bireuen. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS 

* Tahun Ini Ditargetkan 8.000 Catin

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh meluncurkan program bimbingan pernikahan untuk 1.000 calon pengantin (catin). Program tersebut dilaunching di Kantor Kankemenag Bener Meriah, Jumat (15/3).

Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan, program bimbingan pernikahan untuk 1.000 pengantin merupakan ikhtiar Kemenag Aceh untuk memberikan bekal bagi calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan. “Persiapan pernikahan berupa ilmu tidak kalah penting dengan persiapan materi lainnya, makanya bimbingan pernikahan sangat penting bagi mereka yang akan memulai membangun rumah tangga,” ujarnya.

Untuk Aceh, rencananya tahun ini akan dilaksanakan bimbingan untuk 8.000 pasangan calon pengantin. Saat launching bimbingan di Bener Meriah diikuti seratusan calon pengantin. Bimbingan pernikahan itu akan terus dilaksanakan secara bertahap.

Ia menuturkan, Kemenag melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi angka perceraian. Salah satunya dengan mempersiapkan calon pasangan memasuki jenjang pernikahan.

Ia juga mengatakan, maju atau tidaknya suatu bangsa dimulai dari keluarga. Namun disayangkan, sekitar 10 persen dari pernikahan mengalami perceraian. “Meski cerai diperbolehkan oleh agama, namun sangat dibenci, karena perceraian membahayakan, bukan hanya menyebabkan masalah tapi meninggalkan persoalan besar,” kata Daud Pakeh.

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah, Sarkawi mengatakan, pihaknya mendukung upaya Kemenag melakukan bimbingan pernikahan sebagai pembinaan keagamaan untuk umat. Katanya, dengan ada bimbingan, maka pengantin ada mendapatkan ilmu yang relevan dengan kondisi saat ini.

“Ada tiga 3 momen bahagia yang akan dialami oleh seseorang yaitu pernikahan, berdiri bersama pasangan di depan Ka’bah, berdiri dengan pasangan di hadapan Allah karena keluarga bahagia hingga ke surga,” kata Sarkawi.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved