Abrasi Pantai Ulim Semakin Mengganas, Ini Saran Wakil Ketua DPRA

Abrasi Pantai Ulim, Pidie Jaya terutama kawasan Gampong Tijien Daboh, Tijien Usen dan Geulanggang semakin mengganas.

Abrasi Pantai Ulim Semakin Mengganas, Ini Saran Wakil Ketua DPRA
Serambinews.com
Ketua DPRA Sulaiman Abda mengamati Pantai Geulanggang Kecamatan Ulim Pidie Jaya, yang mengalami abrasi, Jumat (22/3/2019). 

Laporan Abdullah Gani | Pidie Jaya

SERAMBINEWS.COM, MEUREUDU - Dalam beberapa tahun terakhir abrasi Pantai Ulim, Pidie Jaya terutama kawasan Gampong Tijien Daboh, Tijien Usen dan Geulanggang semakin mengganas. Belasan hektare kebun dan tambak terendam.

Keluhan tersebut disampaikankan beberapa warga Geulanggang dan gampong sekitarnya kepada Serambinews,com, Jumat (22/3/2019).

Disebutkan bahwa persoalan abrasi pantai sebenarnya sudah beberapa kali dilaporkan keuchik setempat baik kepada bupati dan gubernur dengan tembusan kepada instansi terkait. Tapi hingga belum ada respons.

Melihat kondisi yang semakin mendesak dan butuh penanganan secepat mungkin, beberapa pekan lalu warga melaporkan hal dimaksud kepada DPRA. Rupanya keluhan warga langsung mendapat respon dari Wakil Ketua DPRA, Drs H Sulaiman Abda Msi yang mengunjungi wilayah itu selepas shalat Jumat (22/3/2019).

Mengetahui Wakil Ketua DPRA mendatangi lokasi, belasan warga dari tiga Gampong dimaksud ikut mendampingi beliau sekaligus melaporkan keluhan selama ini.

Jika tidak mendapat perhatian pemerintah dengan memasang batu pemecah ombak, bisa jadi dalam kurun tiga atau lima tahun mendatang, permukiman warga akan menjadi lautan.

Baca: Khawatir Anak-anak Jatuh ke Sungai, Warga Ulim Pidie Jaya Blokir Jembatan Bidok

Baca: Terminal Bus Terpadu Pijay Mulai Difungsikan

Baca: Masjid di Banyumas Dirusak hingga Kitab Dibuang ke Sumur oleh Orang Misterius, Begini Kata Saksi

Sulaiman Abda menyebutkan ia ikut prihatin mengamati kondisi pantai Geulanggang dan sekitarnya yang kini semakin menciut.

Kepada keuchik dan tokoh masyarakat, Sulaiman Abda meminta agar persoalan itu segera dilaporkan kepada Plt Gubernur Aceh dan tembusannya disampaikan kepada Dinas Pekerjaan Umum, DPRA, Pemkab setempat termasuk DPRK Pijay.(*)

Penulis: Abdullah Gani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved