CSR Harus Dapat Membantu Atasi Kemiskinan

Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat mendorong Pemkab dan DPRK setempat untuk lebih pro-aktif dalam menurunkan angka kemiskinan

CSR Harus Dapat Membantu Atasi Kemiskinan
Google
Ilustrasi 

MEULABOH - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat mendorong Pemkab dan DPRK setempat untuk lebih pro-aktif dalam menurunkan angka kemiskinan di kabupaten tersebut. Karena itu, kehadiran program corporate social responsibility (CSR) atau dana pemberdayaan dari perusahaan diharapkan dapat mendorong mengatasi kemiskinan di Aceh Barat yang saat ini mencapai 19.648 kepala keluarga (KK).

Hal itu dikatakan Koordinator YARA Aceh Barat, Hamdani kepada Serambi, Jumat (22/3). “Kita berharap CSR bisa membantu pemerintah daerah untuk menurunkan angka kemiskinan karena perusahaan sudah membuat komitmen dengan pemerintah. Namun, yang terjadi selama ini banyak pihak perusahaan tidak bisa memberikan CSR saat diminta masyarakat sekitar perusahaan tersebut,” kata Hamdani.

Menurutnya, pada tahun 2018, Pemkab Aceh Barat pernah melakukan MoU dengan 21 perusahaan yang beroperasi di daerah itu. Untuk itu, tukasnya, pemkab kini perlu mengevaluasi terhadap realisasi janji atau komitmen seluruh perusahaan tersebut, sehingga kehadiran mereka bisa membantu program pengentasan kemiskinan. “Dalam tahun 2019 ini, kami belum melihat kelanjutan komitmen itu. Jadi, kita meminta pemkab perlu duduk dan mempertanyakan kembali kepada perusahaan di Aceh Barat,” tegasnya.

YARA juga mendorong keseriusan dari Pemkab dan DPRK Aceh Barat dalam menggenjot program untuk menurunkan angka kemiskinan. Apalagi, saat ini di Aceh diketahui banyak sumber anggaran, sehingga momentum itu dapat dimanfaatkan dalam mengatasi kemiskinan di Aceh Barat.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved