Tim Pemkab Nilai Gampong Tanjung Selamat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menurunkan tim untuk menilai Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam

Tim Pemkab Nilai  Gampong Tanjung Selamat
FOTO IST
WARGA Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar menyambut kedatangan Kadis PMG Aceh Besar, Bahrul Jamil bersama Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Besar, Rahmah Mawardi Ali dan rombongan tim penilai ke gampong tersebut, Jumat (22/3). FOTO IST 

JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menurunkan tim untuk menilai Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, yang ikut dalam perlombaan gampong tingkat kabupaten tahun 2019, Jumat (22/3). Tim penilai tersebut dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PMG) Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi.

Hadir dalam acara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar, Rahmah Mawardi Ali dan rombongan tim penilai. Kehadiran mereka disambut Camat Darussalam, Zia UL Azmi SH dan Pj Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Husaini, bersama perangkat gampong tersebut.

Bahrul Jamil dalam sambutannya menyampaikan, ada beberapa aspek yang dinilai pihaknya terhadap gampong yang ikut perlombaan. Pihaknya telah menilai beberapa gampong lain di Aceh Besar dan Gampong Tanjung Selamat menjadi gampong terakhir yang dinilai pihaknya.

Aspek yang dinilai antara lain, tata kelola pemerintahan gampong, partisipasi masyarakat dan lembaga kemasyarakatan, keaktifan PKK, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan aspek syariat Islam. “Gampong harus siap ketika dinilai, kalau tidak siap berarti gampong itu tidak melakukan apa-apa,” katanya.

Pj Keuchik Gampong Tanjung Selamat, Husaini dalam sambutannya memperkenalkan wilayah dan jumlah penduduknya. Dia mengatakan, gampongnya salah satu gampong yang bersih, indah dan nyaman di Aceh Besar dan baru saja meraih juara tiga lomba Gampong Percontohan Syariat tahun 2018.

Menurutnya, Tanjung Selamat merupakan salah satu gampong yang memiliki potensi dan inovasi. Seperti potensi di bidang pertanian dan situs benda cagar budaya/makam. Selain itu gampong tersebut juga memiliki Rumah Hafal Al-qur’an Mahasiswa (Ruhama), grup zikir Nurul Maghfirah, grup pengajian Nurul Iman, dan koperasi wanita (Kopwan), serta lainnya.

Dia berharap, Tanjung Selamat menjadi gampong percontohan bagi gampong-gampong lain dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya alam dan manusia. “Kita berharap Gampong Tanjung Selamat bisa keluar sebagai juara pada perlombaan ini,” katanya.(mas)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved