VIDEO - Polres Bireuen Gelar Simulasi Pengamanan Pilpres dan Pileg

Peserta simulasi memperagakan berbagai tahapan pengamanan sejak kampanye terbuka, pemilihan hingga perhitungan surat suara.

SERAMBINEWS.COM, BIREUENPolres Bireuen menggelar simulasi pengamanan Pemilihan presiden (Pilpres) dan Pemilihan legeslatif (Pileg), di halaman Meuligoe Bupati Bireuen, Jumat (22/3/2019).

Hadir pada simulasi tersebut, Sekda Bireuen Ir Zulkifli, Dandim 0111/Bireuen, Letnan Kolonel Inf Amrul Huda, Ketua Komisi Pemilihan Independen (KIP), Agusni, Ketua Bawaslu, Abdul Majid, Kepala SKPK Kabupaten Bireuen, Dansubdenpom Bireuen, Para Camat Se-Kabupaten Bireuen, PPK dan KPPS Se-Kabupaten Bireuen, Limnas, Ormas, dan undangan lainnya.

Simulasi pengamanan Pilpres dan Pileg ini diikuti oleh 400 personel dari berbagai satuan Polres Bireuen, personel TNI, Satpol PP dan WH, Dinas Perhubungan, Damkar serta sejumlah unsur lainnya yang memperagakan berbagai tahapan pengamanan.

Baca: Tanyakan Wewenang Romahurmuziy soal Jual-Beli Jabatan, Mahfud: Kenapa Ketua Partai Begitu Penting?

Baca: VIDEO - Aceh Barat dan Aceh Tenggara Gelar Apel Pasukan Pengaman Pemilu 2019

Peserta simulasi memperagakan berbagai tahapan pengamanan sejak kampanye terbuka, pemilihan hingga perhitungan surat suara.

Pada setiap tahapan tersebut, terjadi kerusuhan yang dilakukan oleh sekelompok pendukung salah satu calon anggota legeslatif (caleg) salah satu partai.

Sehingga aparat kepolisian dibantu TNI mengamankan sejumlah pelaku kerusuhan.

Bahkan aparat terpaksa mengerahkan pasukan anti hura hara dan mobil water canon untuk menghalau massa yang ikut membakar berbagai atribut pilpres dan pileg.

Baca: Pengamat Ini Sebut OK OCE di Jakarta Program Gagal, Mengapa?

Selain menangkap pelaku kerusuhan, seorang demonstran juga harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum dr Fauziah Bireuen akibat kena tembakan dan semprotan air yang cukup deras dari mobil water canon.

Simulasi ini bertujuan untuk kesiapsiagaan pasukan dalam menghadapi pemilu 2019.

Sebelumnya, Kapolres Bireuen menjadi inspektur upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Rencong Tahun 2019, di halaman meuligoe setempat.

NARATOR: ILHAM

EDITOR: HARI MAHARDHIKA

Penulis: Ferizal Hasan
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved