Anggaran Sewa Mobil Bupati Terlalu Besar

Yayasan Advokasi Rakyat (YARA) Aceh Barat menilai plot anggaran untuk menyewa mobil dinas bagi Bupati Ramli MS

Anggaran Sewa Mobil Bupati Terlalu Besar
IST
BANTA PUTEH SYAM, Wabup Aceh Barat

MEULABOH – Yayasan Advokasi Rakyat (YARA) Aceh Barat menilai plot anggaran untuk menyewa mobil dinas bagi Bupati Ramli MS dalam APBK 2019 terlalu besar. “Melihat nominal hingga Rp 420 juta/tahun, sebaiknya diadakan saja pembelian mobil dinas baru sehingga dana daerah dapat diirit untuk tahun-tahun ke depannya,” kata Koordinator YARA Aceh Barat, Hamdani kepada Serambi, Sabtu (23/3).

Untuk itu, ujarnya, YARA menyarakan Pemkab Aceh Barat untuk dipending dulu rencana penyewaan mobil dinas bagi kepala daerah tersebut. “Saran saya, dana yang sudah disahkan sebesar Rp 420 juta dalam APBK sebaiknya tidak digunakan dulu atau istilahnya ditahan dulu. Tunggu saja hingga pembahasan APBK Perubahan 2019 beberapa bulan ke depan. Nantil diusul kembali oleh eksekutif dengan ditambah anggaran sedikit lagi sehingga dapat dibeli mobil dinas baru untuk bupati,” ulasnya.

Sebab, sebut Hamdani, kalkulasi pihaknya, jika anggaran sewa mobil sebesar Rp 420 juta itu ditambah sekitar Rp 200 juta lagi, maka sudah dapat dibeli mobil dinas baru. Sehingga pada tahun 2020, tidak perlu diplot lagi anggaran untuk sewa mobil oleh eksekutif, paling hanya dana operasionalnya saja.

Di sisi lain, tukasnya, dana sewa mobil sebesar Rp 420 juta itu juga terlalu besar dan tergolong pemborosan. Soalnya, kondisi Aceh Barat saat ini sedang membutuhkan anggaran besar untuk membangun sejumlah fasilitas publik yang mendesak, seperti jembatan putus dan perbaikan jalan yang hancur.

“Oleh sebab itu, saran kami dalam beberapa bulan ini sebaiknya digunakan saja dulu mobil dinas bupati yang lama sebagai operasional sehari-hari kepala daerah. Apalagi, informasi yang kami terima mobil dinas lama juga masih layak pakai, sama seperti mobil dinias yang digunakan wakil bupati sekarang,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Aceh Barat dan DPRK setempat telah mengalokasikan anggaran di dalam APBK 2019 sebesar Rp 420 juta/tahun untuk dana sewa mobil dinas/jabatan bagi Bupati Ramli MS. Pengalokasian dana sewa Rp 35 juta/bulan itu karena tahun ini belum dilakukan pengadaan mobil dinas baru untuk Bupati Ramli MS yang terpilih lagi memimpin kabupaten itu.

Sedangkan, untuk Wakil Bupati (Wabup) Banta Puteh Syam tidak dialokasikan anggaran sewa mobil dalam APBK 2019 karena masih menggunakan mobil dinas lama jenis Mitsubishi Pajero Sport yang merupakan mobil dinas wabup terdahulu. Sementara Pajero Sport yang pernah digunakan bupati terdahulu tidak digunakan lagi oleh bupati saat ini. Ia justru menggunakan mobil Land Cruiser milik pribadi yang didum beberapa tahun lalu.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved