Stok Pupuk NPK Ponskha Kembali Langka di Abdya, Petani Terpaksa Gunakan Pupuk Nonsubsudi

Kelangkaan pupuk bersubsidi NPK Ponskha terjadi seluruh kecamatan sejak Babahrot sampai Lembah Sabil.

Stok Pupuk NPK Ponskha Kembali Langka di Abdya, Petani Terpaksa Gunakan Pupuk Nonsubsudi
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Sejumlah pekerja sedang memuat ratusan ton pupuk bersubsidi, jenis NPK Phonska, ZA, SP-36 dan Organik di Gudang Penyangga Lini III PT Petro Kimia Gresik di Blangpidie di Gampong Keude Paya, Blangpidie, Rabu (27/2/2019). Pupuk dengan distributor PT Pertani (Persero) tersebut diangkut ke kios pengecer resmi enam kecamatan, Babahrot, Kuala Batee, Jeumpa, Susoh, Blangpidie dan Tangan-Tangan. 

Stok Pupuk NPK Ponskha Kembali Langka di Abdya, Petani Terpaksa Gunakan Pupuk Nonsubsudi

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Peristiwa kelangkaan pupuk bersubsidi kembali terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dalam kurun waktu sepekan terakhir.

Stok pupuk bersubsidi jenis NPK Ponskha dilaporkan tidak tersedia selama sepekan terakhir di seluruh kecamatan (9 kecamatan) setempat, mulai dari Babahrot sampai Lembah Sabil. 

Bahkan, di kios pengecer di Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Jeumpa, termasuk Kecamatan Kuala Batee, selain tidak tersedia NPK Ponskha juga krisis pupuk bersubsidi jenis ZA.

Keterangan dikumpulkan Serambinews.com, Minggu (24/3/2019), kelangkaan pupuk bersubsidi NPK Ponskha terjadi seluruh kecamatan sejak Babahrot sampai Lembah Sabil.

Sedangkan pupuk bersubsidi jenis ZA dan SP-36 di kecamatan lainnya tersedia dalam jumlah terbatas. 

Peristiwa kehabisan stok pupuk NPK Ponskha, termasuk ZA sangat mengecewakan petani setempat.

Sebab, kedua jenis pupuk tersebut  sangat dibutuhkan sebagai pemupukan untuk pertumbuhan tanaman padi Musim Tanam (MT) Gadu 2019.

Baca: Praktisi IT: Game FPS Berjenis Perang Cocok Untuk Militer, Bukan Anak Muda

Suwardi, petani dari Gampong Asoe Nanggroe, Kecamatan Jeumpa  kepada Serambinews.com, Minggu (24/3/2019), mengaku sudah berulang kali mendatangi sejumlah kios pengecer resmi Kota Blangpidie dan Jeumpa untuk membeli pupuk bersubsidi, namun tidak berhasil mendapatkan pupuk jenis NPK Ponskha, termasuk ZA.

Halaman
12
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved