Tafakur

Bertawakkal

Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang dapat mengalahkan kamu. Jika Allah membiarkan kamu

Bertawakkal

Oleh Jarjani Usman

“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang dapat mengalahkan kamu. Jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal” (QS. Ali Imran: 160).

Menjelang pemilihan wakil rakyat, banyak di antara kita telah berani mencalonkan diri untuk dipilih. Sudah tentu, tak semua orang akan terpilih, karena yang dibutuhkan untuk wakil rakyat tidaklah banyak jumlahnya. Meskipun demikian, bagi orang-orang yang sudah mengajukan diri dan berkorban banyak harta dan tenaga, jangan terlalu berharap kepada manusia.

Jika terlalu berharap kepada manusia, bisa berpeluang kecewa atau stress bila tak terpilih nantinya. Tidak jarang didapati, walaupun telah menyatakan diri akan membantu, hati manusia bisa berubah-ubah. Hari ini mendukung si Fulan mungkin besok akan mendukung si Fulen. Lagipula, dukungan beberapa orang tidak cukup untuk menjadi wakil rakyat.

Setiap usaha perlu disertai dengan tawakkal kepada Allah. Semuanya diserahkan kepada Allah. Allah lah yang paling menentukan. Bila memang seseorang tidak diridhai menjadi wakil rakyat walau sudah berusaha sekuat tenaga, mungkin itulah yang terbaik menurut Allah. Banyak jalan lain untuk berbuat baik untuk kepentingan rakyat. Yang sangat penting adalah berbuat di jalan yang halal dan ikhlas karena Allah.

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved