Gedung Asrama Haji Aceh Senilai 10 M Terbengkalai Akibat Pengerjaannya tak Rampung

Satu gedung besar di kompleks Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, kondisinya belum rampung dan terbengkalai.

Gedung Asrama Haji Aceh Senilai 10 M Terbengkalai Akibat Pengerjaannya tak Rampung
Serambinews.com
Kondisi bangunan asrama haji yang terbengkalai di di kompleks Asrama haji Aceh, Banda Aceh. Foto direkam, Minggu (24/3/2019). 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Satu gedung besar di Kompleks Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, kondisinya belum rampung dan terbengkalai.

Bangunan berlantai tiga itu merupakan asrama bagi jamaah haji, yang sudah hampir enam tahun terbengkalai dan tidak dilanjutkan pembangunannya.

Pembangunan gedung asrama itu sudah memakan anggaran sekitar Rp 10 miliar, namun terhenti karena ada masalah dalam pembangunannya.

Amatan Serambinews.com, bangunan yang memiliki tiga lantai itu berada di depan masjid asrama haji, bersisian dengan gedung asrama lainnya.

Kondisi bangunan masih berupa dinding bata, karena belum diplaster dinding dan lantainya, serta tidak memiliki pintu dan jendela.

Informasi dihimpun Serambinews.com, gedung asrama haji itu dibangun pada 2013 lalu oleh Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.

Anggarannya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp 10 miliar. Namun saat realisasinya baru 60 persen, pembangunannya pun terhenti.

Baca: Pemerintah Resmi Tetapkan Biaya Haji 2019, Berikut Rincian Biaya Embarkasi Aceh Hingga Makassar

Baca: Calon Petugas Haji Dilatih Selesaikan Kasus yang Terjadi Selama di Tanah Suci

Baca: Taufiq Dilantik sebagai Kepala UPT Asrama Haji

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi yang dikonfirmasi Serambi, Minggu (24/3/2019) mengakui bahwa pembangunan gedung itu sudah lama mangkrak.

Menurutnya, memang ada dugaan terhentinya pembangunan asrama haji itu karena pengerjaan tidak sesuai kontrak.

“Padahal, gedung asrama haji tersebut saat ini sangat dibutuhkan untuk menampung jamaah dan petugas haji yang jumlahnya ribuan orang. Sebab, dengan fasilitas yang ada saat ini belum bisa menampung semua jamaah dan petugas,” ungkapnya.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved