Hari Ini UNBK SMK Digelar

Hari ini, Senin (25/3), sebanyak 16.115 siswa SMK yang terpusat di 202 sekolah di seluruh Aceh mengikuti ujian

Hari Ini UNBK SMK Digelar
SYARIDIN, Kadisdik Aceh

* Diikuti 16.115 Siswa

BANDA ACEH - Hari ini, Senin (25/3), sebanyak 16.115 siswa SMK yang terpusat di 202 sekolah di seluruh Aceh mengikuti ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd kepada Serambi, Minggu (24/3).

Dikatakan, untuk pelaksanaan UNBK yang akan berlangsung Senin-Kamis (25-28/3) itu sudah dilakukan berbagai persiapan. Untuk suksesnya pelaksaan dan sukses hasil pada Ujian Nasional (UN), Dinas Pendidikan Aceh juga sudah melakukan koordinasi dengan isntansi terkait seperti unsur Kepolisian, Telkom, PLN serta Dinas Komunikasi, Informatika dan persandian Aceh (Diskominsa).

“Kita jauh-jauh hari sudah mengomunikasikan dengan pihak PLN agar tidak ada pemeliharaan listrik di lokasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Karena dapat mengganggu jalannya ujian bagi peserta didik. Begitupun, jika terjadi pemadaman diluar dugaan, diyakini dapat diatasi dengan mesin genset,” kata Syaridin.

Begitu juga terkait koneksi jaringan, seluruh SMK yang menggelar UNBK, pihaknya sudah menyurati Telkom, agar dapat meningkatkan koneksi jaringan. “Sehingga peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Aceh dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus sukses pelaksanaan UNBK Tahun 2019 yaitu, sukses pelaksanaannya yang meliputi terlaksananya UN dengan baik dan kredibilitasnya meningkat, sukses hasilnya. “Dimana perolehan nilai harus mencapai standar yang diharapkan,” katanya.

Syaridin menambahkan, dari 16.115 siswa SMK yang mengikuti UNBK, peserta terbanyak dari Aceh Utara, yaitu 1.605 siswa, Kota Lhokseumawe 1.496 siswa, Banda Aceh 1.338 siswa. Selain tiga daerah itu, masih ada beberapa daerah lagi yang siswanya cukup banyak mengikuti UNBK seperti Aceh Timur 1.165 siswa, Bireuen sebanyak 1.128 siswa, Aceh Besar 1.075 siswa, Langsa 1,036 orang. “Sementara yang paling sedikit, dari Sabang hanya 66 siswa, Gayo Lues 92 peserta, Aceh Jaya 212 siswa,” tandasnya.

Adapun mata pelajaran yang di UN-kan yang berbasis komputer pada Senin (25/3) meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Teori Kejuruan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menegah Disdik Aceh, Zulkifli mengatakan, kesuksesan pelaksanaan UNBK tahun ini, sangat dipengeruhi pertama suplai listrik dari PLN dan internet dari Telkom/Telkomsel. Selanjutnya pengawasan dari pihak orang tua, aparat keamanan dan sekolah.

Para orang tua siswa, kata Zulkifli, perlu memberikan semangat kepada anaknya yang sedang mengikuti UNBK. Berikan ketenangan hati agar anaknya bisa fokus 100 persen mengikuti UNBK, begitu juga kepada anak yang ikut UNBK, tengkan diri dan jangan gegabah dalam menjawa soal UNBK yang ada di depan komputer.

Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dan jangan terburu-buru. Sebelum ke luar dari ruang UNBK, periksa kembali nama dan nomor ujian, apa sudah ditulis dengan benar atau belum, selanjutnya jawaban yang dijawab, apakah sudah tepat atau belum.(her/sir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved