Haba Dinkes Aceh

Dinkes Aceh Gelar Rakor Kesmas

Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menggelar rapat koordinasi teknis program kesehatan masyarakat (Kesmas)

Dinkes Aceh Gelar Rakor Kesmas
IST
Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif

BANDA ACEH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menggelar rapat koordinasi teknis program kesehatan masyarakat (Kesmas) tingkat provinsi, Minggu (24/3) hingga Selasa (26/3) hari ini. Kegiatan ini bertujuan memaparkan informasi terkini terkait permasalahan Kesmas dan upaya strategis untuk menyikapinya. Kegiatan ini dihadiri Kabid Kesmas dari 23 kabupaten/kota se-Aceh. Sedangkan narasumber dari Dinkes Aceh, Dinkes kabupaten/kota, hingga Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif saat membuka kegiatan ini mengatakan, ada beberapa permasalahan kesehatan di Aceh yang masih memerlukan perhatian serius. “Maka keberadaan kita di forum ini sangat penting, karena sebagian besar indikator SPM yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat ada di bidang Kesmas dan P2P,” kata Hanif.

Dikatakan, pada 3 Maret 2019, pemerintah Aceh sudah mendeklarasikan komitmen bersama untuk memerangi masalah gizi, dengan entry point pencegahan dna penanganan stunting. Selain itu juga menyampaikan regulasi yang diterbitkan untuk memperkuat implementasi di setiap level administrasi hingga tingkat desa.

Hanif juga memaparkan kondisi status kesehatan secara umum. Dikatakan, jumlah kematian ibu secara absolut terjadi penurunan, dari 151 (tahun 2013), 149 (2014), 135 (2015), tetapi naik pada tahun 2016 hingga 169 kasus. Lalu, turun menjadi 149 kasus pada tahun 2017 dan 141 kasus pada tahun 2018. “Saat ini tahun 2019, sudah mencapai 30 kasus,” kata dia.

Terkait stunting, kata Hanif, Aceh termasuk 10 provinsi tertinggi prevalensi stunting. Hanif juga berharap agar rekam jejak kasus kematian ibu, bayi, dan gizi buruk tetap dilakukan oleh semua fasilitas pelayanan kesehatan, terutama di puskesmas dan poskesdes serta dilaporkan secara berjenjang.

Panitia Penyelenggara, drg Efi Syafrida MKes mengatakan, rakontek ini diharapkan melahirkan strategi agar sinkroniassi pelaksanaan kegiatan program Kesmas di Aceh berjalan sinergis dengan kebijakan dan strategi nasional.(sak)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved