Pendaftaran Pertukaran Pemuda Antarnegara Masih Dibuka, Berikut Pengalaman Alumni dan Berbagi Tips

Untuk mengikuti program keren ini, kamu harus terlebih dulu mengunduh formulir dan kelengkapan berkas di www.pcmiaceh.com.

Pendaftaran Pertukaran Pemuda Antarnegara Masih Dibuka, Berikut Pengalaman Alumni dan Berbagi Tips
FOTO DOKUMENTASI SSEAYP
Muhammad Fathun, saat mengikuti Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) atau program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang ke-38 di Jepang pada tahun 2011. 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pendaftaran program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh masih dibuka sampai 1 April 2019.

Untuk mengikuti program keren ini, kamu harus terlebih dulu mengunduh formulir dan kelengkapan berkas di www.pcmiaceh.com. Di sana ada informasi lengkap terkait kriteria dan persyaratan lainnya untuk menjadi 'Duta Muda Indonesia' dari Aceh.

Seorang alumni Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) atau program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang ke-38 dari Aceh, Muhammad Fathun ingin berbagi tips kepada pemuda dalam mengikuti PPAN 2019 ini.

Kepada Serambinews.com, Jumat (29/3/2019), Fathun yang menjadi peserta SSEAYP tahun 2011 ini mengatakan, butuh persiapan jangka panjang dan jangka pendek  dalam mengikuti program tersebut. 

Persiapan jangka panjang, menurutnya seperti kemampuan bahasa Inggris, public speaking, bakat khusus, dan lain lain.

"Sedangkan untuk persiapan jangka pendek bisa seperti pengetahuan umum, pakaian yang rapi, serta kelengkapan berkas dan esai," ujar mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsyiah ini.

Baca: Pendaftaran Pertukaran Pemuda Antar Negara Dibuka hingga 1 April 2019, Ini Kriterianya

Baca: 30 Pemuda Aceh Tengah Ikut Seleksi Pertukaran Pemuda Antarnegara

Baca: Aceh Buka Program Pertukaran Pemuda

Fathun pun membagikan tips dan pengalaman bermanfaat bagi teman muda yang akan mengikuti seleksi pada tahun ini supaya kamu tampil maksimal. Berikut tipsnya:

1. Pilih program yang sesuai

Setiap tahunnya kuota per provinsi akan berbeda begitu juga dengan jenis kelamin untuk setiap program, tergantung pembagian kuota dari Kemenpora RI. Seperti di tahun 2019 ini, Provinsi Aceh mendapatkan 4 kuota program yaitu Kapal Pemuda ASEAN-Jepang (SSEAYP), Program Pertukaran Indonesia-Malaysia (PPIM), Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA), serta Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan (PPIKOR). Untuk lengkapnya dapat mengakses situs www.pcmiaceh.com.

Halaman
1234
Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved