Ratusan Murid Berlaga di OSN

Sebanyak 138 murid Sekolah Dasar (SD) dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, adu prestasi dalam ajang Olimpiade

Ratusan Murid Berlaga di OSN
SYARIDIN, Kadisdik Aceh

BANDA ACEH - Sebanyak 138 murid Sekolah Dasar (SD) dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, adu prestasi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Aceh, 27-29 Maret 2019 di Banda Aceh. Dari kompetisi selama tiga hari itu, sepuluh murid terbaik pada bidang studi matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan mewakili Aceh ke tingkat nasional, 30 Juni-6 Juli mendatang, di Yogyakarta.

Kegiatan OSN Aceh 2019 dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin SPd MPd, Rabu (27/3) malam, di Hotel Grand Syariah, Lamdom, Banda Aceh. Dikatakan, OSN merupakan inovasi guna meningkatkan mutu pendidikan dasar di provinsi paling barat Indonesia ini. “Ada banyak sekolah yang termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran matematika dan IPA dengan mendirikan klub sains,” katanya, didampingi Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli MPd.

Menurut Syaridin, semakin sering lomba mata pelajaran digelar, maka akan semakin baik pula mutu pembelajaran di sekolah. “Melalui OSN ini, diharapkan dapat tercipta atmosfer kompetisi yang sehat antarsiswa dan sekolah,” jelas Syaridin, seraya meminta peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Sementara Ketua Panitia OSN 2019, Zulkifli MPd mengatakan, melalui ajang tersebut diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang matematika dan IPA, serta dapat menumbuhkembangkan minat siswa dalam mempelajari sains.

“Minimal ada 2 murid terbaik di setiap bidang studi yang akan mewakili Aceh ke nasional nanti. Kami juga menargetkan ada siswa yang masuk ke dalam peringkat nasional,” jelasnya.

Kepala Disdik Aceh, Syaridin menambahkan, tak hanya murid SD, sebanyak 131 finalis yakni guru jenjang SD dan SMP juga mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat Provinsi Aceh tahun 2019. Kegiatan itu berlangsung 28-30 Maret 2019 di Banda Aceh. Para guru ini akan bersaing dengan menjawab soal secara daring (online) yang telah disiapkan Kemdikbud.

Dikatakan, para finalis juga diminta menulis artikel ilmiah guna mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Para finalis juga dibekali materi penguatan kompetensi guru yang disampaikan oleh para pemateri lokal dan nasional,” katanya.

Sebelumnya ketua panitia OGN Provinsi Aceh, Rahadian SE menjelaskan, peserta OGN merupakan peringkat terbaik hasil seleksi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan kabupaten/kota, atau peringkat teratas hasil seleksi administratif melalui website http://www.kesharlindungkbdikdasdikdas.id oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.

Rahadian menambahkan, para finalis OGN dari jenjang SD yaitu 15 finalis bidang studi matematika dan 19 finalis bidang studi tematik. Sedangkan untuk SMP yaitu 20 finalis bidang studi matematika, 19 finalis bidang studi bahasa Inggris, 20 finalis bidang studi bahasa Indonesia, 18 finalis bidang studi IPS, dan 20 finalis bidang studi IPA.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved