Tiga PTS Terima Mahasiswa Baru

Tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Bireuen mulai membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru

Tiga PTS Terima Mahasiswa Baru
Serambinews.com
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI, Dr Sofyan A Djalil, Kamis (14/03/2019) hadir di kampus Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, menyampaikan kuliah umum tentang kesiapan Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0. 

BIREUEN – Tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Bireuen mulai membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Ketiga PTS itu Universitas Almuslim Peusangan, Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Peusangan, dan IAI Al Aziziyah Samalanga.

Kepala bagian publikasi panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Umuslim, Zulkifli MKom kepada Serambi Kamis (28/3) mengatakan, pendaftaran calon mahasiswa baru sudah dibuka sejak 18 Februari hingga 23 Agustus mendatang.

Ia memperkirakan, jumlah mahasiswa yang akan masuk ke Umuslim tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena Umuslim mendapat predikat universitas swasta terbaik di Aceh. Selain itu, seluruh program studi juga sudah memperoleh akreditasi predikat B dari BAN PT. “Di Almuslim, juga ada program bidik misi bagi mahasiswa kurang mampu. Bagi calon mahasiwa baru bisa mendaftar melalui online www.spmb.umuslim.ac.id,” katanya.

Di samping itu, lanjut Zulkifli, banyak kemudahan lain seperti uang kuliah cukup murah, dan dapat dicicil sampai empat kali dalam setahun. Sehingga, menjadi salah satu daya tarik untuk kuliah di Umuslim.

Sementara itu, IAI Almuslim Peusangan juga sudah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Untuk gelombang pertama dimulai awal Maret dan akan berakhir 15 Juli mendatang.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru IAI Almuslim, Dr Nazaruddin Abdullah MA kepada Serambi kemarin mengatakan, penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan melalui dua cara yaitu manual, dan online. Hal ini dilakukan untuk mempermudah calon mahasiswa dalam melakukan pendaftaran. Apalagi, selama ini mahasiswa IAI Almuslim berasal dari luar daerah.

Bagi calon mahasiswa baru dapat mendaftar secara online. Di mana formulirnya dapat di akses melalui situs http://www.pmb.almuslimaceh.ac.id. “Kini IAI berpredikat B BAN-PT. Selain akreditasi, IAI Almuslim setiap tahun mengirim mahasiswa ke luar negeri untuk magang,” ungkapnya.

Sementara IAI Al Aziziyah Samalanga juga sudah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Gelombang pertama dimulai 1 April sampai 1 Mei, sedangkan gelombang kedua 15 Juni sampai 15 Juli 2019 mendatang di kampus induk Mudi Mesra Samalanga.

Kabag Humas IAI Al Aziziyah Samalanga, Dr Tgk Riyandi MA kepada Serambi mengatakan, tahun ini pihaknya menampung 2.500 orang mahasiswa baru. Selain memiliki gedung baru bantuan presiden, mereka juga mempunyai ruang kuliah memadai di beberapa lokasi.

Di sisi lain, STIE dan STIH Yayasan Kebangsaaan Bireuen hingga kemarin belum membuka jadwal penerimaan mahasiswa baru. Panitia penerimaan mahasiswa, Chairul Bariah SE MM kepada Serambi mengatakan, pengumuman penerimaan mahasiswa baru akan dipublikasi dalam waktu dekat. “Kami masih membahas dan pengumuman untuk dua sekolah tinggi secara serentak,” ujar Chairul.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved