Kecamatan Jangka Juara Festival Sate Matang

Kecamatan Jangka meraih juara pertama festival sate matang di lapangan futsal Galacticos, Cot Gapu, Bireuen

Kecamatan Jangka Juara Festival Sate Matang
SERAMBI/FERIZAL HASAN
SEORANG pramusaji menyajikan sate matang pada Festival Kuliner Sate Matang di Lapangan Galacticos, Kota Juang, Bireuen, Minggu (31/3). 

BIREUEN- Kecamatan Jangka meraih juara pertama festival sate matang di lapangan futsal Galacticos, Cot Gapu, Bireuen, kemarin. Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh secara resmi ditutup Sekdakab Bireuen, Ir Zulkifli SP.

Sedangkan juara kedua diraih utusan dari Kecamatan Kota Juang, dan juara tiga direbut Peulimbang. Juara harapan satu untuk Kecamatan Kuala, dan harapan dua ditempati Kecamatan Makmur. Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Dra Irmayani kepada Serambi mengatakan, hasil penilaian tersebut dilakukan tim juri yang diketuai seorang ahli masak, Iskandar dari Banda Aceh.

Penilaian yang dilakukan dewan juri mulai dari kesiapan, menu serta unsur lainnya. Juara satu sampai harapan dua memperoleh piala dan uang pembinaan. Rangkaian kegiatan yang dimulai Sabtu (30/3) diikuti puluhan pengusaha kuliner dari 17 kecamatan, dan pengusaha warung makan.

Irmayani menyebutkan, rangkaian kegiatan yaitu pameran kuliner sate matang, kompetisi atau perlombaan memasak sate matang, kenduri, edukasim serta piasan seni yang diikuti 32 sekolah di Bireuen yaitu SMA, SMK dan MA.

Berbagai kegiatan ini, kata Irmayani, adalah bagian dari mempromosikan kuliner daerah dan beragam makanan khas lain dari Bireuen. Sehingga, semakin dikenal luas dan dicari oleh setiap pengunjung yang datang ke Bireuen atau ke Aceh umumnya. “Festival ini bertujuan memperkenalkan kuliner daerah secara luas untuk lebih berkembang, dan dapat meningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved