Distan Bireuen Tetapkan Jadwal Tanam Musim Gadu

Dinas Pertanian Bireuen, Senin (1/4) kemarin membahas dan menetapkan jadwal tanam musim gadu bertempat

Distan Bireuen Tetapkan Jadwal Tanam Musim Gadu
IST

BIREUEN– Dinas Pertanian Bireuen, Senin (1/4) kemarin membahas dan menetapkan jadwal tanam musim gadu bertempat di Gampong Jangka Alue U, Kecamatan Jangka Bireuen dibuka Bupati Bireuen H Saifannur S Sos. Pertemuan rapat petani selaindihadiri ratusan petani, ke jruen blang, kaoum meugo, para penyuluh pertanian juga dihadiri unsurForkompimda Bireuen.

Bupati Bireuen dalam sambutannya mengharapkan dukungan semua pihak terkait suksesnya swasembada pangan di Bireuen harus menjadi kenyataan, sehingga, kesejahteraan petani semakin meningkat dan masyarakat Bireuen memperoleh pangan yang cukup, baik jumlah maupun utunya.

Adapun permasalahan yang sering dihadapi petani antara lain, rendahnya alokasi pupuk bersubsidi untuk Bireuen yang mengakibatkan petani susah mendapatkan pupuk pada saat pertanaman, alokasi pupuk bersubsidi tahun 2019 berdasarkan data belum sesuai dengan kebutuhan petani.

Kemudian, belum selesainya pembangunan waduk-waduk irigasi untuk lahan sawah tadah hujan di Bireuen sehingga kebutuhan air untuk persawahan tadah hujan belum bisa terpenuhi secara maksimal, Pemkab Bireuen dan pemerintah pusat terus berusaha mengatasi masalah di bidang pertanian. Kadistan Biruen, M Nasir SP MSM dalam laporannya mengatakan, luas tanam gadu tahun ini seluas 21.000 hektar lebih. Dalam pertemuan kemarin disepakati jadwal tanam serentak, kenduri blang/ pembersihan saluran disesuaikan masing-masing gampong/ kecamatan, pembukaan pintu air dimulai 15 April. Setelah itu dilanjutkan pengolahan tanah 27 April-8 Mei, semai benih 9-24 Mei. Setelah itu ditetapkan tanam dimulai 25 Mei-22 Juni, penutupan pintu air awal September dan perkiraan panen pertengahan September 2019. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved