Pemkab Aceh Tenggara Susun DIP

Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosa) Aceh

Pemkab Aceh Tenggara Susun DIP
IST
PPID Utama Aceh foto bersama peserta bimtek Penguatan PPID Kabupaten Aceh Tenggara, belum lama ini. 

KUTACANE - Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosa) Aceh, Zalsufran ST MSi mengimbau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara segera menyusun Daftar Informasi Publik (DIP) sesuai perintah Undang-undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik.

Untuk kelancaran penyusunan DIP tersebut, kata Zalsufran, pihaknya bersedia membantu dan mendampingi jika diperlukan. “Kami siap membantu untuk penyusunan DIP dan pelaksanaan uji konsekuensi serta menyediakan aplikasi yang dibutuhkan,” ungkapnya pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi Publik di Aula Kantor Bupati Aceh Tenggara, Kamis (28/3) lalu.

Kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Aceh Tenggara. Pada sesi tanya jawab, para peserta merespons paparan Zalsufran terkait informasi apa saja yang harus disediakan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan mereka sehari-hari terkait permintaan informasi dari masyarakat.

Mereka mengungkapkan pengalaman pelik dan dilematis ketika ada permintaan informasi yang menurut kebiasaan di institusinya tak mungkin diberikan. Misalnya, ihwal permintaan soal detil izin suatu badan usaha, informasi kasus- kasus tentang ASN, danhal lain yang selama ini dinilai dapat merugikan orang lain atau pihak-pihak tertentu.

Merespons berbagai pertanyaan peserta, Zalsufran membagikan beberapa pengalamandan kiat-kiat jitu sebagai pejabat pengelola informasi publik. Sementara itu, Bupati Aceh Tenggara melalui Asisten III, Sudirman menyebutkan, Pemkab Aceh Tenggara berkomitmen dan bersungguh- sungguh untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik. “Keterbukaan Informasi Publik adalah bentuk transparansi dan dapat diakses oleh masyarakat,” jelas Sudirman.(infokominsa/*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved